by

Pabrik Getah Pinus Linge Ditepungtawari

Takengon | Lintas Gayo – Pabrik pengolahan getah pohon Pinus yang terletak di Kampung Kute Rayang Kecamatan Linge Kabupaten Aceh Tengah, resmi mulai beroperasi setelah digelarnya prosesi adat Gayo, tepung tawar, Jum’at 5 Oktober 2012.

Dalam acara itu turut hadir Muspika Kecamatan Linge, tokoh masyarakat, dan Reje (Kepala Kampung-red) Kute Rayang serta masyarakat sekitar.

Camat Linge, Ir. Nasrun Liwanza, MM mengatakan dengan resmi beropreasinya pabrik penderes getah pinus ini diharapkan akan merangsang perekonomian warga di kecamatan Linge, dari sektor kehutanan yang ramah lingkungan.

“Dengan tanpa merusak hutan, ekonomi berjalan. Semoga ini terus berkembang,” kata Nasrun Liwanza.

Ditambahkannya, hingga saat ini sebanyak 3 kampung yang sudah memiliki lahan untuk dijadikan bahan baku getah tersebut, seluas 5 hektar.

“Kami telah mensosialisasikan ini ke setiap kampung, dan hingga saat ini ada tiga kampung yang telah siap, yaitu kampung Gewat, Mungkur dan Reje Payung”, rinci Nasrun.

Untuk pekerja Nasrun mengatakan pihaknya telah melobi pihak perusahaan yang bernama PT. An Chen Huaqong asal China tersebut untuk memberdayakan pekerja lokal, hasilnya perusahaan menyetujui untuk menggunakan jasa pekerja lokal sebanyak 30 persen dan sisanya 70 persen merupakan pekerja profesional mereka.

“Mereka menyetujui untuk memperkerjakan orang-orang lokal, dan mereka berjanji untuk memberikan pembelajaran gratis bagaimana cara menderes yang baik dan benar, tidak mustahil kedepannya jika pekerja telah mahir maka persentase pekerja lokal akan bertambah”, pungkas Nasrun.

Manfaat Getah Pinus

Dari penelusuran online, diketahui getah pinus itu bisa menghasilkan minyak terpentin biasanya digunakan sebagai pelarut untuk mengencerkan cat minyak, bahan campuran vernis yang biasa kita gunakan untuk mengkilapkan permukaan kayu dan bisa untuk bahan baku kimia lainnya.

Aroma terpentin harum seperti minyak kayu putih, karena keharumannya itu terpentin bisa digunakan untuk bahan pewangi lantai atau pembunuh kuman  bahan baku pembuat parfum, bisa bermanfaat untuk kesehatan yaitu untuk relaksasi  bila digunakan sebagai bahan campuran minyak pijat.

Selanjutnya sebagai salah satu bahan tambahan pembuatan permen karet sehingga menjadi kenyal dan lentur dan aman untuk kesehatan. Getah pinus juga sebagai bahan baku tinta, cat, wipol, kosmetik, tiner, makanan hingga campuran bahan bakar pesawat luar angkasa. (Darmawan Masri, Fajar/red.03)

Comments

comments