by

Gayo Ku

Coretan: Bahagia Putra SD

JIKA ada yang bilang ku tak sayang jangan kau dengar, jika ada yang bilang ku tak setia acuhkan saja. hana keber Gayo? hana keber Ama Ine ni kami? hana keber para Pemuda Gayo Generasi Ā harapan Bangsa?, Semoga Allah SWT selalu memberikan yang terbaik buat kita semua. Aminā€¦

Hampir 4 tahun sudah lamanya saya meninggalkan Gayo, kota Takengon khususnya, tapi begitu pulang dan melihat perubahan yang ada, wow..luar biasa. Pertanyaan yang kemudian muncul Benarkah ini Gayo? atau saya sedang bermimpi. Ternyata benar Gayo yang kami saksikan adalah wajah baru Gayo. Sekali lagi luar biasa.

Pertanyaan selanjutnya adalah bolehkah kita berbangga diri? Boleh saja tapi jangan terlalu tinggi, soalnya nanti susah turunnya. Tapi cobalah sebentar kita melihat wajah daerah tetangga kita, diluar Aceh, di Pulau Jawa misalnya, sebagai contoh adalah kota Malang yang kebetulan kami dengan beberapa teman sedang menempuh pendidikan S1 di kota Apel itu.

Di kota malang, ā€œperubahanā€ itu cepat sekali, baik dibidang pendidikan, bisnis, pariwisata, sosial masyarakat dan lain-lain. Dalam bidang pendidikan misalnya Kota Malang atau pemerintah terus berusaha mengedepankan kualitas pendidikan yang terbaik, mulai dari sekolah tingkat TK sampai tingkat Universitas. Yang bisa saya jelaskan mendetail adalah kemajuan tingkat Universitas, banyak kampusā€“kampus yang terus membuka programā€“program studi yang baru, meningkatkan Akreditasi program studi, meningkatkan sarana dan prasarana kampus, tentunya hal ini akan memberikan suatu kemudahan bagi mahasiswa dalam menjalani proses belajarnya.

Dalam bidang Pariwisata silahkan anda datang ke kota Malang (bukan promosi), saksikan sendiri indahnya wahana dan tempatā€“tempat pariwisata yang bisa menyejukkan mata. Tanpa bermaksud mengidolakan kota atau daerah lain, kita tetap harus bangga dengan yang kita punya, karena apa yang menjadi miliki kita harus kita syukuri dan kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Daerah kita juga sangat bagus, kita juga punya semuanya. Tempat pariwisata ada Laut Tawar ā€“ Takengon, hanya orang yang buta saja yang akan mengatakan ā€œaku tidak melihat keindahan apapun tentang Laut Tawarā€, jelas soalnya orang buta. Hehehe. Gunung Lauser Antara di Aceh Tenggara, pegunungan dengan suaka alam yang indah, pendakian Burni Telong Ā di Bener Meriah dengan sajian pemandangan alam yang alami, sunset dan sunrise bisa kita saksikan disana.

Bidang pendidikan, generasi Gayo adalah generasi yang Cerdas, Cadas dan Lugas (juga Keras). Hanya kita belum menyadari sepenuhnya akan kemampuan kita masingā€“masing, dan ini adalah sebuah proses. Banyak generasi Gayo yang jenius tersebar di seluruh daerah Indonesia, dan masih banyak lagi potensi yang kita punya, yang seharusnya sudah saatnya kita manfaatkan dengan baik karena semua hasilnya akan kembali kepada kita semua yaitu masyarakat Gayo.

Hal yang perlu kita ingat bersama adalah bahwa semangat serta proses perubahan dan kemajuan daerah kita dari segala bidang pasti Bisa kita wujudkan, pertanyaannya kemudian adakah ā€œsemangatā€ yang kita miliki? maukah kita menjalani ā€œprosesnya?ā€ tentu jawabannya pasti ada dan kita mau.

Saatnya kita manfaatkan semua kekayaan alam yang kita punya, ciptakan pemerintahan yang bersih dan demokrasi, sudah saatnya juga menguji otak generasi muda yang kita punya. Para Generasi Gayo dimana pun anda berada saat ini, Gayo adalah tanah kelahiranmu, jika saat ini kau belum mampu memberikan sesuatu yang berharga, berjanjilah suatu saat nanti kau akan membuat kejutan yang besar untuk perubahan Tanoh Gayo.

Seperti malam ini, bintangā€“bintang dilangit ber-cahaya terang menghiasi atap bumi, Indah, Cerah, Megah. Berharap suatu saat nanti kau juga bisa menjadi bintang yang terang benderang, Gayo Ku.(bahagiafx@gmail.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.