by

Inilah Gayo 3 Tunjukkan Eksistensi Musik Bambu di Gayo

Takengon | Lintas Gayo – Dalam memeriahkan hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan tahun 2012 serta persiapan menuju Festival Danau Lut Tawar 2013, sejumlah agenda seni budaya dan olahraga tradisi masyarakat Indonesia yang dikemas dalam “Inilah Gayo 3” akan digelar di Takengon Kabupaten Aceh Tengah di akhir tahun 2012 ini.

Diantara kegiatan tersebut, lomba Gasing Gayo dan lomba balap Terompah Panjang akan digelar pada 11 Nopember 2012 bertempat di lapangan Setdakab Aceh Tengah dengan peserta pelajar dan masyarakat umum.

Selanjutnya lomba memainkan Suling Gayo yang dikemas dalam Festival Musik Bambu Gayo I digelar 17 Nopember 2012 di Gedung Olah Seni Takengon. Peserta lomba dibebaskan baik putra maupun putri tanpa batasan wilayah domisili.

Dan terakhir pada 9 Desember 2012 mendatang akan digelar lomba renang tradisional di Pante Menye Kecamatan Bintang dengan peserta para remaja dan masyarakat umum.

Untuk Festival Musik Bambu Gayo I ini, panitia hanya melombakan Soling Gayo saja, sementara untuk alat musik Teganing dan lain-lain akan dilombakan pada kesempatan berikutnya. Dan yang diprediksi akan menarik adalah pementasan Musik Bambu garapan Irvan Ceh Kul dan kawan-kawan.

Gagasan kegiatan ini digawangi Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Aceh Tengah bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Tengah dan sejumlah pihak lainnya seperti dijelaskan Ketua Panitia even tersebut, Khairul Iman di Takengon, Minggu 28 Nopember 2012.

“Kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Banda Aceh dan FORMI Aceh. Dan ini merupakan bentuk dukungan kita terhadap pelestarian budaya sekaligus promosi wisata Aceh Tengah,” kata Khairul Iman.

Terkait Inilah Gayo, Dijelaskan Khairul Iman, Inilah Gayo 1 berisi pementasan seni budaya di Loyang Mendale, gua tempat ditemukannya kerangka manusia pra sejarah Gayo. Lalu Inilah Gayo 2 berupa pertunjukkan seni Ketibung di sungai Peusangan, maka Inilah Gayo 3 akan menonjolkan eksistensi Musik Bambu di Tanoh Gayo sekaligus meluncurkan album “Muniru” karya Irvan Ceh Kul.

Bagi yang berminat ikut serta dalam berbagai agenda lomba tersebut dapat menghubungi panitia di Wapres Cafe Takengon (depan gedung Gentala Takengon) atau di Bidang Pariwisata Disbudparpora Aceh Tengah (jalan Mess Time Ruang Kemili Takengon).

Dan untuk informasi via telepon selular dapat menghubungi Azani (085260010780) untuk lomba Gasing dan Terompah Panjang, Mude Angkasa (085237651552) untuk lomba Renang, dan Ikmal Tawar (081360260359) untuk lomba Suling Gayo. (SP/red.03)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.