Rumah Budaya Fadli Zon Gelar Seminar Nasional “Jelajah Kreativitas Seni dan Budaya”

Padangpanjang | Lintas Gayo – Pascasarjana Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang bekerjasama dengan Rumah Budaya Fadli Zon menggelar Seminar Nasional bertajuk Jelajah Kreativitas Seni dan Budaya, Kamis (1/11/2012).

Acara yang dipusatkan di Rumah Budaya Jl. Raya Padangpanjang – Bukittinggi, Km. 6, Aie Angek, Kabupaten Tanahdatar, Sumatera Barat, itu bertujuan memperluas wawasan mahasiswa/peserta seminar dalam menyerap informasi serta perkembangan ilmu pengetahuan, baik yang bersifat aktual serta membangun peningkatan kreativitas seni yang berdampak pada pengembangan seni dan budaya secara luas.

Bagi ISI Padangpanjang sendiri, kerjasama seminar itu diharapkan dapat meningkatkan standar mutu atau kualitas Prodi Penciptaan dan Pengkajian Seni Program Pascasarjana ISI Padangpanjang serta untuk meningkatkan daya saing Program Pascasarjana di kalangan stakeholder.

Sejumlah narasumber akan tampil membicarakan makalah mereka, diantaranya Prof. DR. Daryusti, M.Hum (ISI Padangpanjang), dengan judul makalah “Personality and Cultural of Dance”. Prof. DR. Victor Ganap, M.ED (ISI Surakarta), judul makalah “Personality and Cultural of Music”. Prof. DR. Edi Sedyawati (IKJ Jakarta), judul makalah “Seni Pertunjukan Dewasa Ini”. DR. Rosta Minawati, S.Sn., M.Si (ISI Padangpanjang), dengan makalah “Pentas (Kolonial), Subaltern, dan Kajian Budaya”. DR. Nursyirwan, M.Sn (ISI Padangpanjang), dengan makalah “Seni Pertunjukan di Minangkabau”, dan DR. Ediwar, M.Hum (ISI Padangpanjang), dengan judul makalah “Kreativitas dalam Kritik Seni”.

Selain itu, diundang juga Pembicara Istimewa, yaitu Fadli Zon, S.S., M.Sc (Pemerhati Seni) dengan topik “Seni dan Keindahan di Mata Budayawan”, serta Datuk Suhaimi Mohd. Zain (Pakngah Production Kuala Lumpur), dengan topik “Penciptaan Musik Melayu: Suatu Pengalaman”. Acara akan dimoderatori DR. Febri Yulika, M.Hum.

Sejak berdiri pada tahun 2009, Rumah Budaya Fadli Zon, yang berhadapan dengan Rumah Puisi Taufiq Ismail di Aie Angek, sangat aktif menggelar sejumlah agenda kebudayaan. Di Rumah Budaya ini, lebih seratus keris Minangkabau dikumpulkan dari berbagai daerah di Sumatera Barat, selain juga terdapat sejumlah koleksi lukisan, artefak, buku kuno, dan benda-benda budaya lainnya.

Tahun lalu, Rumah Budaya mengundang musisi terkenal dari Kroasia “Ansambel Ad Gloriam Brass” yang menggelar konser di Horison Ball Room Rumah Budaya. Digelar juga pertunjukan sulap Rick Taliesin, salah seorang direktur stasiun televisi berita terkenal di Amerika Serikat, CNN, yang menekuni sulap. Pertunjukan itu bersifat hiburan dan disambut antusias penonton.

Untuk meningkatkan kunjungan wisata Sumatera Barat, Rumah Budaya telah menjalin kerjasama kebudayaan dengan Kedubes Kroasia. Baru-baru ini, Fadli Zon bersama Penyair Taufiq Ismail mengunjungi Bosnia, Kroasia, Serbia, dan Turki untuk memperkenalkan kebudayaan Ranah Minang di negera-negara tersebut.

“Ke depan akan banyak kegiatan kebudayaan lainnya yang digelar Rumah Budaya,” ujar Edin Hadzalic, Manajer Rumah Budaya Fadli Zon dan The Aie Angek Cottace. (SP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.