Tokoh Banan Gayo Lintas Generasi-Lintas Profesi akan Dibukukan

Banda Aceh | Lintas Gayo ā€“ Menyambut tahun baru 2013 dua bulan kedepan The Gayo Institute (TGI) akan menerbitkan buku tentang perempuan Gayo lintas generasi dan lintas profesi.

Buku yang diberi tajuk ā€œBanan Gayo Lintas Generasiā€ ini berisi biografi singkat sejumlah perempuan Gayo yang mempunyai prestasi dari segala usia dan segala profesi termasuk lintas sejarah.

ā€œJangan heran biografi singkatĀ Nabila Ulamy Alyaā€™ (13) sang penulis novel putri Gayo anak sulung Ali Bakar akan berdampingan dengan Datu Beru, Inen Mayak Teri dan Merdum perempuan-perempuan perkasa Gayo yang melawan penjajah Belanda,ā€ kata Salman Yoga S, direktur TGI, Rabu 31 Nopember 2012 di Banda Aceh.

Gagasan ini dicuatkan sebagai bentuk penghargaan kepada tokoh-tokoh perempuan Gayo sekaligus untuk referensi suri tauladan ketokohan bagi generasi Gayo sekarang, timpal Salman Yoga S.

Pengumpulan data buku ini akan bekerjasama dengan media online Lintas Gayo. Isinya juga memuat sejumlah perempuan Gayo lainnya yang berprestasi hampir disegala bidang. Diantaranya adalah bidang olah raga, kesenian, kesehatan, penulis, ibu teladan, akademisi, birokrasi, seniman, modeling, pengusaha, penyair hingga perempuan pejuang sejak zaman Belanda, pergerakan DI/TII dan GAM. Demikian Salman Yoga. (Kha A Zaghlul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.