by

Minggu Besok, Puluhan Tim Ikuti Lomba Permainan Tradisional di Takengon

Takengon | Lintas Gayo – Puluhan tim lomba Terompah Panjang alias Selop Naru dan lomba Men Gasing Gayo dari seluruh Aceh Tengah menyatakan ikut serta dalam perlombaan permainan rakyat yang akan berlangsung Minggu 11 Nopember 2012 di Lapangan Setdakab Aceh Tengah.

Selain itu ada 6 tim turut mendaftarkan diri sebagai peserta yang hadir dari 6 kabupaten/kota di Aceh diantaranya Bener Meriah, Aceh Utara, Bireuen, Aceh Besar, Aceh Barat dan Aceh Tengah selaku tuan rumah.

“Kami tidak menyangka ada sambutan positif dari masyarakat untuk mengikuti ajang ini. Padahal sosialisasinya belum maksimal yang disebabkan karena kendala teknis terkait pengenalan kembali permainan rakyat ini,” ujar Irwan Fauzi, salah seorang panitia, Sabtu 10 Nopember 2012 malam di Sekretariat panitia, Wapres Cafe Takengon.

Untuk hadiah, dirincikan Irwan Fauzi, panitia menyediakan uang sebesar Rp.25 juta dengan rincian Rp.10 juta untuk kategori lomba Selop Naru antar Kabupaten/Kota, Rp. 10 juta untuk lomba Selop Naru antar pelajar/masyarakat Aceh Tengah serta Rp. 5 juta untuk lomba Men Gasing Gayo.

Membuka acara yang dimulai pukul 09.00 Wib tersebut, direncanakan akan dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah dengan dihadiri unsur Muspida Kabupaten Aceh Tengah serta pengurus harian FORMI Aceh.

Irwan Fauzi berharap, peserta yang sudah mendaftar dapat hadir sesuai waktu yang telah ditetapkan agar tidak didiskualifikasi tim wasit nantinya.

Even yang digagas Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Aceh Tengah dengan dukungan penuh dari FORMI Aceh, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Banda Aceh, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Aceh Tengah serta Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Tengah digelar dalam memperingati hari Pahlawan dan hari Sumpah Pemuda tahun 2012 serta persiapan Visit Aceh Year dan Festival Danau Lut Tawar 2013. (Kha A Zaghlul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.