Karya WS Rendra “Perjuangan Suku Naga” akan Dipentaskan di Aceh

Lintas Gayo  | Banda Aceh – Perjuangan Suku Naga, sebuah naskah teater karya WS Rendra akan dipentaskan di Aceh dan beberapa kota lainnya pada pertengahan tahun 2013 mendatang.

Hal tersebut tercetus di Banda Aceh Sabtu (22/12/2012) lalu saat Lintas Gayo bertemu dengan Mahdalena (37 Thn), salah seorang teaterawati Aceh jebolan sejumlah kelompok teater Aceh seperti Teater Mata pimpinan Mas Kirbi.

Diungkapkan Mahdalena, konsep pementasan ini berbeda dari konsep pementasan teater yang pernah ada di Aceh karena akan melibatkan sejumlah seniman teater dari seluruh Aceh.

Didampingi salah seorang pemerhati, penggiat juga entertaner seni Aceh, Mustika Permana dari Mustika Art Entertainmen Copora, Mahdalena menambahkan bahwa pementasan ini nantinya akan melibatkan sedikitnya seratusan orang. Karena, timpalnya,  naskah “Perjuangan Suku Naga” karya Teaterawan legendaris Nasional WS Rendra ini bersifat kolosal. Kita berharap kawan-kawan pelaku teater di Aceh dan sekitarnya dapat bergabung.

Ditanya mengapa memilih “Perjuangan Suku Naga” dari sekian banyak karya WS Rendra lainnya, Mahdalena menjelaskan bahwa naskah tersebut mempunyai kolerasi dengan keadaan Aceh saat ini. Aceh saat ini, lanjutnya, sudah terkotak-kotak dengan berbagai kepentingan, dan dalam hal ini yang paling dirugikan adalah rakyat Aceh sendiri. Belum lagi soal seni budaya, adat, ekonomi bahkan politik Aceh yang cenderung untuk kepentingan sepihak.

“Untuk calon pemain akan diseleksi (audisi-red) oleh sebuah tim khusus, dan sebelum memasuki latihan dan penguasaan naskah untuk latihan dasar perteateran akan dipandu langsung oleh Ken Zuraida (istri WS Rendra). Ken Zuraida, aku Mahdalena, sudah menyanggupi hal tersebut dan berjanji akan datang ke Aceh,” jelas Mahdalena.

Mahdalena berharap kawan-kawan pelaku seni teater dari Tanah Gayo dapat ikut dan bergabung untuk menambah kekuatan. (LG007/red.03)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.