by

Info Pengumpulan Tulisan, Berita dan Foto tentang To’et

To'et-LG

KOMUNITAS Seni Budaya Lintas Gayo KSB-LG) mengundang para penulis dan wartawan dimana saja berada untuk mengirimkan tulisan, foto dan berita tentang seniman Gayo Abdul Kadir “To’et”.

Tujuan pengumpulan tulisan, foto dan berita ini semata-mata dilatarbelakangi keinginan merekam jejak To’et, sang peraih anugerah Bintang Nararya tahun 2010 dari Pemerintah Indonesia. Diharapkan, ini akan menjadi catatan sejarah tentang To’et, sehingga sampai kapanpun tidak akan pernah hilang.

Pengiriman tulisan, foto dan berita ini dimulai berbarengan dengan peringatan 8 tahun kepergiannya, 25 Mei 2013 dan berakhir pada 25 Juli 2013. Dan setelah melalui proses editing oleh Khalisuddin (Redaktur Pelaksana Media Online Lintas Gayo), Iranda Novandi (Wartawan Harian Analisa) dan Jauhari Samalanga (Pemerhati Seni Budaya Gayo) akan dicetak menjadi sebuah buku bertajuk Warisan To’et untuk Gayo-Indonesia.

Dana pencetakan buku ini, selain dari kas KSB-LG juga akan diupayakan dari donasi beberapa pihak yang tidak mengikat dan direncanakan akan diluncurkan pada 10 Nopember 2013.

Syarat-syarat penulisan artikel:

1. Tata bahasa tulisan isi artikel harus memiliki standar dasar sastrawi. Maksudnya, gaya bahasa sesuai dengan panduan bahasa Indonesia yang benar. Baik dalam segi ejaan, tanda baca, pemakaian huruf besar kecil, maupun dalam susunan kata-kata.

2. Memenuhi etika penulisan artikel, yaitu, tulisan harus orisinal. Bukan plagiat atau jiplakan. Serta tidak mengandung unsur SARA.

3. Tulisan harus sesuai tema yang ditetapkan, yakni: “Warisan To’et Untuk Indonesia”. Artinya, penulis diminta untuk mengupas berbagai karya To’et, yang akan selalu bisa di kenang. Atau berupa pikiran dan pendapat To’et yang bermanfaat bagi generasi masa sekarang dan akan datang.

4. Panjang Tulisan minimal 750 kata dan maksimal 2.000 kata, tanpa spasi dengan diketik menggunakan hurup Calibri, font size 12

5. Karya tulis merupakan karya perseorangan dan Setiap penulis boleh mengirimkan maksimal 3 (tiga) karya saja. Peserta juga bisa melampirkan foto pendukung tulisan maksimal 2 foto (tidak wajib) menyangkut berbagai kegiatan To’et semasa hidupnya.

6. Bagi 30 tulisan terbaik berdasarkan hasil kurasi dan editor akan diterbitkan dalam antologi tulisan yang diterbitkan Komunitas Seni Budaya Lintas Gayo (KSB-LG)

7. Karya tulis bisa yang telah dipublikasikan di media masing-masing atau yang belum terpublikasikan. Jika tulisan sudah dipublikasikan, sebutkan media dan tanggal penerbitan serta mengirimkan foto dan foto kliping

8. Setiap peserta melampirkan foto diri bebas (buka pasphoto) dalam bentuk jpg dan data diri singkat (Nama, alamat, email, No.HP, Pekerjaan)

9. tulisan dikirim ke alamat email: redaksi.lintasgayo@yahoo.com

Syarat-syarat kliping berita Strightnews :

  1. Pernah dimuat media massa, baik cetak maupun online
  2. Bagi pengirim yang bukan karyanya, harus mendapat izin dari penulis berita
  3. Isi berita berupa pandangan tokoh atau seseorang yang layak sebagai narasumber terhadap To’et
  4. Isi berita berupa kegiatan To’et semasa hidupnya

Syarat-syarat Foto :

  1. Foto berupa hasil cetakan, repro, kliping berita.
  2. Foto merupakan karya sendiri, jika karya orang lain, harus mendapat izin dari penciptanya.

Segala sesuatu, yang belum jelas bisa mengirim pertanyaan ke email: redaksi.lintasgayo@yahoo.com.(Red.LG)

Comments

comments