Aceh Tengah Miliki Geographic Information System

Bupati Nasaruddin
Bupati Nasaruddin

Takengon | Lintas Gayo ā€“ Bupati Aceh Tengah, Ir H Nasaruddin meresmikan Geographic Information System (GIS) Center, pada Senin (27/5/2013), di Aula Bappeda Aceh Tengah. Keberadaan GIS Center ini atas kerjasama Pemerintah Daerah dengan YLI.

Program GIS, masih berkaitan dengan program Daerah Aliran Sungai (DAS), yang telah diinisiasi oleh YLI sejak tahun 2009 yang lalu. Bupati mengharapkan dengan GIS ini semua kesalahan dan ketimpangan data tidak terjadi lagi, setidaknya dapat diminimalisir.

“Selama ini banyak data pokok yang under estimate, atau over estimate. Kita berharap dengan GIS ini semua kesalahan pada data tersebut dapat dikoreksi,” kata Nasaruddin, saat peresmian GIS di Aceh Tengah.

Menurut Nasaruddin, GIS sangat penting untuk perencanaan pembangunan, karena semua data pokok geografis dapat diakses dengan mudah sehingga akan sangat membantu dalam proses pengambilan keputusan.

Dalam kesempatan yang sama Project Manager YLI-NZAID, Syahrul, mengatakan bahwa GIS Center yang diluncurkan di Kabupaten Aceh Tengah, bertujuan membantu pemerintah daerah dalam menyusun tata ruang.

“Dengan adanya GIS diharapkan nantinya akan tersedia data-data dasar seperti fasilitas umum dan tapal batas desa atau kecamatan secara akurat sehingga GIS ini turut membantu pemerintah daerah dalam perencanaan pembangunan,” sebut Syahrul.(Muhady/red.04)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.