by

Korban Gempa “Pusing” Menunggu Bantuan

Menghilangkan trauma. Anak koban gempa saat awal musibah bermain bola menghilangkan trauma, kapan bantuan CFW mereka terima? (Iqoni RS)
Menghilangkan trauma. Anak koban gempa saat awal musibah bermain bola menghilangkan trauma, kapan bantuan CFW mereka terima? (Iqoni RS)

Takengen| lintas Gayo-  Para korban gempa di Gayo, khususnya Aceh Tengah pusing menunggu bantuan yang dijanjikan pemerintah. Bukan hanya soal bantuan perumahan, namun persoalan Cash For Work (CFW) uang gotong royong yang disebut sebut cepat cair, namun belum jelas rimbanya.

“Sampai hari ini belum ada kejelasan apakah ada atau tidak bantuan yang dijanjikan pemerintah,” sebut Ambarita, salah seorang korbangempa di Ketol. “Saya dengar kabar, korban gempa untuk klasifikasi ringan tidak mendapatkan bantuan cash for work.

Benar Merih yang juga korban gempa sudah menyalurkan bantuan CFW, Aceh Tengah kapan? Kabarnya Aceh Tengah berbeda dengan Bener dalam penyaluran CFW. “Kalau cash for work saja lambat bagaimana dengan bantuan pembangunan perumahan. Selain itu masyarakat dipusingkan dengan birokrasi dai fasalisator yang mengikuti petunjuk. Banyak sekali urusannya, sebut para koban lainnya.

“Benar untuk tahap awal ini, korban gempa yang kediamannya hanya klasifikasi ringan, belum mendapatkan bantuan cash for work. Setelah tahap untuk yang sedang dan berat akan segera disalurkan, bila administrasi sudah selesai,” sebut Subhan kepala BPBD Aceh Tengah.

Bila ada, kata Subhan dalam satu Pokmas ada korban yang bermasalah, diwacanakan mereka yang sudah beres administrasi sesuai juknis akan segera dicairkan bantuan CFW.  Selanjutnya bila semuanya sudah tuntas dilanjutkan dengan pembangunan prumahan penduduk.

Khusus untuk kerusakan ringan, kami minta bersabar. Semuanya membutuhkan administrasi, bila sudah selesai administrasinya, kalsifikasi rusak ringan juga akan segara dicairkan dana gotong royong padat karya ini, sebutnya. (Zan. KG)

Comments

comments