by

Resty Tamara Utami, Gadis Gayo Raih Perunggu Menuju USA

Resty Tamara Utami (sebelah kiri ) dan Patenernya Tgk.Yumna Darayani (foto : Resty)
Resty Tamara Utami (kanan) dan Patnernya Tgk.Yumna Darayani (kiri) (foto : Resty)

Takengen | Lintas Gayo – Kabar gembira datang dari putri dataran tinggi Gayo, gadis berumur 15 tahun ini mampu menoreh prestasi di tingkat internasional. Resty Tamara Utami, gadis kelahiran Takengon , 23 Maret 1998, putri dari pasangan Ir.Zikriadi.MM dan Suzana.SE, meraih mendali perunggu di ajang Indonesia science project olympiad (ISPO) dan mengikuti Iternasional science project olympiade (di Texas USA).

Gadis yang masih duduk di kelas II SMA Tgk.Nyak Arief Fatih Billingual Boarding School,mengikuti kegiatan dari keenam bidang penelitian hasil karya anak bangsa, ISPO 2014.

Dari keterangan yang berhasil dirangkum Lintas Gayo, kegiatan ini menampilkan 160 hasil karya ilmiah para pelajar dari 24 provinsi di Indonesia. Sementara pendaftar yang masuk ke panitia  mencapai 1.100. Pertarungannya sangat ketat.

 Selama dua hari, para peserta mempresentasikan hasil karya mereka di hadapan para dewan juri di Taman Mini Indonesia Indah. Pada Kamis (20/2/2014) hasil pemenang diumumkan di Sasono Langen Budoyo TMII.

Para pemenang nantinya akan diseleksi dan mewakili Indonesia di ajang olimpiade penelitian di tingkat internasional , seperti: I-Sweeep di Texas Amerika Serikat, Genius, di Amerika, INEPO di Turki, EBIKO di Turki, DreammLine di Turki, INESPO di Belanda, IYIPO di Georgia, INFO-MATRIX di Rumania, dan INEPO AURO ASIA di Azerbaijan.

Para dewan juri ISPO 2014 kali ini terdiri dari para ahli di bidang-bidang yang diperlombagakan,  berasal dari LIPI dan kalangan perguruan tinggi. Ketua tim dewan juri kali ini adalah Prof. Dr. Ir. Riri Fitrisari dari Universitas Indonesia. ISPO (Indonesian Science Project Olympiad) merupakan prakarsa PASIAD Indonesia dengan dukungan penuh dari Kementerian, demikian keterangan yang berhasil didapatkan LG. (Iqoni RS)

 

Comments

comments

News