by

Siapa Yang Akan Kembali Ke DPRK Aceh Tengah?

anngota DPRK Aceh Tengah disumpah 5 tahun yang lalu (Dok/LG)
anngota DPRK Aceh Tengah disumpah 5 tahun yang lalu (Dok/LG)

Takengen | Lintas Gayo  Siapa saja dari 30 anggota DPRK Aceh Tengah “bakal”  kembali dan meninggalkan lembaga terhormat ini? Peluangnya sudah mulai nampak, baik yang tinggal di lembaga terhormat atau meninggalkan “dudukni tenge” tempat 5 tahun berkarya.

Yang berpeluang duduk kembali di sana, berkemungkinan ada 16 orang, itu juga lima diantaranya masih memperebutkan “kursi panas” di level bawah. Bila kursi panas di level bawah itu mampu direbut oleh incumbent itu, maka hanya 14 anggota  yang duduk kembali.

Bila kursi panas dilevel bawah ini mampu diraih pemain baru, diperkirakan hanya 12 anggota incumbent yang akan dilantik kembali.

Di Dapil 1 yang terjadi kejutan. Di Dapil ini ada enam incumben yang akan duduk kembali. Hanya  Win Konadi dari Nasdem yang menjadi pendatang baru dari 7 kursi itu, satu pemain lama yang satu priode istirahat.

Mereka yang berpeluang masuk kembali ke DPRK untuk Dapil 1, Taqwa,  Zulfikar (istirahat satu priode) Ihkwanussufa, Sirajuddin, Zulkarnain, Halidin dan Saib Nosarios. Namun salah satu dari mereka nantinya akan tergusur. Siapa?

Dari Dapil 2, hanya  Ismail Aman Nir dari Demokrat yang sudah relative aman, sementara Ridwan  dan Hamdan, masih  “terseok-seok” untuk memperebutkan kursi terahir. Di Dapil 3, Amiruddin, Alamsyah Yakub, Syamsuddin dan Arianto Gunawan. Dua nama terahir ini juga berada di “tangkir” dalam putaran kursi panas, memperebutkan posisi ke 8.

Dapil 4 ada nama Muhksin Hasan, Syukurdi Iska, Yurmiza Putra dan Zulkifli. Namun dua nama terahir ini masih berada di lubang jarum, kritis, masih bersaing dengan 3 nama lagi untuk mendapatkan 2 tiket terahir. Sementara Nazar, walau partainya sudah masuk ke posisi relatif aman,  namun peluangnya tipis, karena suara  Jafaruddin sesama Partai Aceh juga signifikan.

Mereka yang sudah tidak duduk lagi di DPRK Aceh Tengah; Bardan Sahidi, Wajadal Muna, M. Isa Tan, Hasbullah Mango. Dua tidak ikut lagi kompetisi, dua lagi maju ke jalur DPRA. Sementara nama lainnya peringkatnya kalah untuk perebutan suara di dapil masing-masing.

30 nama DPRK Aceh Tengah ;  Zulkarnain, Taqwa, Sirajuddin, Habusllah Mango, Imaduddin, Saib Nosarios, Yurmiza Putra. Arlina, Ismail, Samar Nawan, Budiono, Muhammad Ridwan, Hamdan, Wajadal Muna. Ramiyanti, Amiruddin, Syamsuddin, Arianto Gunawan, Ruta, Halidin, Alamsyah Yakub, Mukhsin Hasan, Ikhwanusuffa, Sukurdi Iska, Nasri, M. Isa Tan, M. Nazar, Zulikifli dan  Umar (PAW). Khusus untuk Muhsin Hasan dan Muhammad Ridwan terkena PAW sekitar satu bulan lebih yang lalu. (Tim LG)

Bertita Terkait :
Nama yang Berpeluang Duduk Di DPRK Aceh Tengah

Comments

comments