by

Wabub Khairul Asmara Buka Acara Kampanye Cuci Tangan

Takengen | Lintas Gayo – Wakil Bupati Khairul Asmara membuka acara kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) yang diselenggarakan di lapangan Setdakab Aceh Tengah pada hari Rabu, 15 Oktober 2014 di hadapan sekitar seribuan peserta dari berbagai SD di Kabupaten Aceh Tengah. [Baca: Seribuan Anak SD Aceh Tengah Kampanye Cuci Tangan]

Di hadapan anak-anak yang mengenakan seragam merah putih Khairul mengajak mereka untuk perlunya membiasakan prilaku hidup bersih dan sehat termasuk dengan memanfaatkan sabun.

“Kegiatan ini merupakan bagian integral dari pola hidup bersih dan sehat (PHBS) sekaligus menjadi momentum untuk mengubah persepsi masyarakat tentang perlunya membiasakan pola hidup sehat dimulai dengan mencuci tangan pakai sabun (CTPS)”ungkap Khairul yang mengenakan rompi bertuliskan Save The Children.

Sementara itu dr. Sukri Maha selaku Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tengah juga turut memberikan sambutan atas terselenggaranya kampanye CTPS dimana anak-anak SD ditanamkan perilaku hidup sehat yang dimulai sejak dini. Menurut pria berkulit hitam itu, kampanye CTPS kali ini merupakan perayaan ke-7 tahun dengan mengusung tema Tangan Bersih, Generasi Sehat.

“Perayaan cuci tangan pakai sabun sedunia ke-7 ini merupakan kegiatan estapet dari beberapa kegiatan, termasuk kompetisi Dokter Kecil yang diselenggarakan oleh Program Healty For School in Aceh Tengah” tukasnya.

Setidaknya sebanyak 1.560 siswa dari 17 SD di tiga kecamatan, yaitu Silih Nara, Bebesen dan Kute Panang ikut ambil bagian. Acara ini sendiri diinisiasi oleh The Save The Children, sebuah LSM Internasional yang beroperasi di Aceh Tengah bekerjasama dengan Hyundai Corp.

Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Hyundai, Comunnity Chest of Korea dan Save the Children menyelenggarakan kegiatan ini dengan harapan agar  seluruh masyarakat di dataran tinggi Gayo, khususnya anak-anak SD untuk menjadi perintis dalam membiasakan cuci tangan pakai sabun (CTPS) sejak usia dini. []

Comments

comments

News