by

Siapa yang Layak Mendampingi Sang Incumbent Rusli M Saleh ?

Wabup RusliRedelong | Lintas Gayo – “Peta perpolitikan di Kabupaten Bener Meriah kian menghangat, menjelang memasuki tahapan Pilkada dan puncaknya pemilihan di awal tahun 2017. Aroma bakal calon (balon) Bupati Kabupaten Bener Meriah mulai tercium”

Sejumlah figur lama dan baru dari kalangan birokrat, elit politik, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda kini bermunculan menghiasi bursa calon Kepala Daerah untuk memimpin Kabupaten Bener Meriah.

Balon orang nomor dua di Bener Meriah kini menguap ke publik, ialah Rusli M Saleh (incumbent-Wakil Bupati Bener Meriah) dari Partai Golkar.

Menilik dari sejumlah nama yang beredar ke publik, tersiar pertanyaan terkait siapa balon Bupati yang kuat di Pilkada nanti. Ini menjadi pembahasan yang penting bagi masyarakat Kabupaten Bener Meriah, sebagai pemilih kelak.

Rumor yang beredar ke tengah masyarakat, calon Bupati Bener Meriah yang kuat saat ini adalah Drs. Rusli M Saleh. Putra kebanggaan masyarakat penghasil kopi ini tercatat sebagai calon incumbent yang terkuat untuk terpilih menjadi Bupati Bener Meriah. Tapi, ini masih sekedar di atas kertas, bahkan kabar burung yang dilontarkan berbagai sumber, baik itu media massa maupun hasil-hasil survei berbagai pihak.

Rusli M Saleh merupakan sosok birokrat tulen yang masih mendapat kepercayaan tinggi dari masyarakat. Selain memiliki segudang pengalaman di pemerintahan, hususnya di bidang pendidikan, Rusli cukup membawa perubahan besar bagi kemajuan Bener Meriah dari berbagai aspek bersama pasangannya Ruslan Abdul Gani (Bupati Bener Meriah).

Foto: Konsolidasi partai. Tokoh Golkar sedang lakukan konsolidasi bersama Rusli M Saleh di Banda Aceh.(Foto: Ist)

Foto: Konsolidasi partai. Tokoh Golkar sedang lakukan konsolidasi bersama Rusli M Saleh di Banda Aceh.(Foto: Ist)

Kendati demikian, Rusli tidak pernah secara langsung mengatakan bahwa dia akan kembali maju pada Pilkada mendatang, melainkan tim/pendukung beliau yang terkenal solid mendorongnya untuk tampil kembali sebagai Bupati Bener Meriah.

Dengan status incumbent, Rusli M Saleh kembali didorong untul kembali maju di Pilkada 2017, menurut beberapa sumber, ia berniat sebagai balon Bupati Bener Meriah. Jika benar mendapatkan restu dari sejumlah partai politik yang ia sambangi sebagai ‘sampan’ menuju Bener Meriah Satu, lantas siapakah yang layak mendampinginya sebagai Wakil Bupati ?

Ini menjadi topik menarik untuk dibahas. Siapa sosok yang pantas berduet dengan Rusli M Saleh? Apakah dari kalangan birokrasi, elit politik, akademisi atau profesional?

Menurut amatan, sosok calon incumbent masih menjadi idola, walaupun kini banyak bermunculkan wajah-wajah baru dan lama ikut meramaikan pesta demokrasi Bener Meriah.

“Menjelang Pilkada di Aceh, hususnya Bener Meriah, banyak figur-figur baru yang mucul. Tapi kansnya diprediksi, bakal incumbent juga menjadi pilihan bagi partai-partai politik untuk mengusung calon Bupati Bener Meriah,” jelas Saleh anggota DPRK Bener Meriah.

Walau berat bersaing dengan incumbent, namun calon lain pasti mau tak mau, ikut bersaing meraih kursi Bener Meriah 1. “Ini akan menjadi pertarungan yang seru dikancah perpolitikan Kabupaten Bener Meriah,” ucap Firman warga Singah Mulo.

Namun prediksi ini bisa juga bisa meleset, jika sang incumbent salah memilih pasangannya. “Kalau sampai calon incumbent salah memilih Wakil Bupati Bener Meriah, bakal bisa menjadi bola liar bagi calon-calon lain. Akan menjadi kesempatan bagi calon lain untuk meraup massa dan suara. Ini yang harus dipertimbangkan dan berhati-hati memilih pasangannya,” ucap Firman.

Berbicara soal siapa pendamping Rusli M Saleh yang notabene calon incumbent, layaknya dari kalangan muda, dari akademisi atau profesional yang memiliki track record yang masih ‘murni’ di mata masyarakat.

Artinya, pasangan yang visoner, kreatif, masih bersih, memiliki jaringan yang luas, memiliki jiwa sosial serta kepedulian kepada masyarakat. Walaupun sulit mencari sosok tersebut tapi pasti ada. Karena Bener Meriah memiliki segudang kaum muda yang bermotivasi tinggi dan dapat bekerja sesuai programnya membangun daerah ini ke arah yang lebih baik lagi.

Sejauh ini, sosok incumbent Wakil Bupati Bener Meriah Rusli M Saleh, masih bersih di mata masyarakat. Walaupun belum dapat berbuat banyak dalam kemajuan Bener Meriah. Sebab, Rusli saat ini masih menjabat sebagai Wakil Bupati Bener Meriah.

Di atas kertas, Rusli M Saleh calon incumbent pasti dipilih partai-partai besar. Tapi, itu masih prediksi diatas kertas. Bisa jadi semuanya berubah di detik-detik terakhir pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati kelak.(adv/Leuserantara)

Comments

comments

News