by

Kesehatan Tahanan Siapa yang Perhatikan…?


Redelong | Lintas Gayo – Walau hidup di balik jeruji besi, paktor kesehatan harus mendapat perhatian. Namun, bagaimana tahanan memikirkan kesehatanya sementara mereka tinggal dengan terbatasan sinar matahari dan makan makanan yang sesuai jatah.
Merasa ikut terpanggil dengan kondisi tananan tim kesehatan Provinsi Aceh melakukan screening kesehatan di lembaga pemasarakatan Kabupaten Bener Meriah Rabu (25/10). Tahanan di Negeri Lembah Merapi ini merupakan gabungan tanahanan dua Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah.
Amperayanti, SKM sebagai pendamping dari Kabupaten Aceh Tengah usai melakukan screening kesehatan kepada media ini menyebutkan, pihaknya bersama tim kesehatan selain bersyukur bisa membantu, minimal mengecek kesehatan mereka yang menjalani hukuman, juga bisa merasakan bagaimana para tahanan bisa mempertahankan kesehatanya.
“Bukan hanya sekedar mengecek kesehatan, kami juga mengambil sampel darah para tahanan untuk diuji dilab. Semoga para tahanan yang diambil sampel darahnya tidak terkena penyakit menular,” sebut Amperayanti yang menekuni bidang Epidemiolog Kesehatan, yang kini bertugas di Puskesmas Bebesen.
Menurutnya hasil sampel darah yang akan diuji dilaboratorium RSU Datu Beru itu nantinya, akan dianalisa lebih mendalam, bagaimana kondisi tahanan di LP ini, semoga tidak ada penyakit menular yang berbahaya, bisa mengakibatkan orang lain itu terserang, sebutnya.


Para tahanan yang mendapatkan screening kesehatan pada hari ini mencapai 81 dari 465 tahanan. Sementara yang belum mendapatkan screening kesehatan ini, tim Kesehatan Provinsi Aceh menjanjikan akan melakukanya pada tahap berikutnya. (Zan.KG/LG010)

Comments

comments