by

Nova Iriansyah: Ekonomi Islam Sangat Adil dan Bijaksana

Banda Aceh | lintasgayo.com – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengatakan sistem perekonomian Syariah atau ekonomi Islam sebagaimana yang diterapkan di beberapaperbankan baik di Indonesia mau pun di Aceh, dinilai  sangat adil dan bijaksana sertamampu   memberi   keuntungan   bagi   para   pihak.

Hal   tersebut,   dikarenakan   sistemekonomi syariah lebih menekankan pada pemerataan distribusi pendapatan dan etika. “Masalah etika merupakan hal yang paling ditekankan dalam sistem ini, sebab sistem syariah   berlandaskan   kepada   Alquran   dan   hadits,”   kata   Nova   saat   pembukaanPertemuan Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah di Kampus Unsyiah, Selasa18/09/2018.

Pemerintah   Aceh,   kata   Nova   juga   telah   memulai   penerapan   sistem   perekonomiansyariah   yang   dimulai   dengan   proses   konversi   PT.   Bank   Aceh   dari   perbankan konvensional   menjadi   perbankan   Syariah.   Konversi   itu   merupakan   yang   pertama dilakukan sebuah bank umum di Indonesia.

Setelah dua tahun konversi itu berjalan, kata Nova, perkembangan Bank Aceh Syariah semakin menggembirakan. Sebab semua transaksi perbankan antara pihak Bank Aceh dengan masabah dilakukan berdasarkan akad yang sangat transparan.

“Dengan perkembangan yang baik itu, kita berharap Bank Aceh Syariah tidak hanyadapat berkontribusi bagi pembangunan Aceh, tapi siap berperan untuk pembangunan nasional,” kata Nova.

Nova menyebutkan, bukan hanya di Indonesia, konsep ekonomi syariah mulai banyak diterapkan   hingga   ke   lembaga   keuangan   internasional.   Hal   itu   dikarenakan   konsep ekonomi syariah mengedepankan jalinan hubungan emosional yang kuat antara pihak perusahaan dan mitranya, sehingga nilai-nilai ekonomi akan berpadu dengan semangat sosial.

Dalam sistem ekonomi Islam, lanjut Nova terkandung prinsip segala sesuatunya adalah milik Allah, sedangkan manusia hanya memanfaatkannya.

Dengan  sistem itu, setiap individu akan diuntungkan tanpa mengorbankan hak individu lainnya, sebab ekonomi syariah   menekankan   pada   prinsip-prinsip   moral,   yaitu   kejujuran, keadilan,keseimbangan, kebenaran,tolong menolong dan kebersamaan. (Rel/LG010)

Comments

comments