by

Kecamatan Bener Kelipah Salurkan BLT-DD Tahap Ke 2

Redelong | Lintasgayo.com – Bantuan langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa, merupakan program Nasional untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak akibat wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Bantuan langsung tunai ini saling bersinergi dengan bantuan lainnya yang telah di salurkan pemerintah, seperti PKH, BPNT, Bantuan Beras CBD, Bantuan Baitul Mal dan Sembako dari Provinsi Aceh, BST Kemensos Republik Indonesia dan BLT-DD.

Dapat kami katakan hari ini seluruh kampung di Kecamatan Bener Kelipah menyalurkan BLT-DD tahap kedua secara serentak kepada 143 kepala keluarga dan penyerahan simbolisnya dilaksanakan di Kantor Camat Bener Kelipah.

Dalam hal ini Camat Bener Kelipah Safriadi, S. Pd. M. Pd, kepada Lintas Gayo menyampaikan bahwa sesuai data penyaluran dari 7 (Tujuh) jenis bantuan di kecamatan Bener kelipah dari 1393 kepala keluarga, terdapat 1010 keluarga yang telah menerima bantuan yang tertera dan tercantum diatas.

Lebih lanjut, atau dengan kata lain 72,5% penduduk di kecamatan Bener Kelipah ini telah menerima bantuan, dan yang 27,4% nya adalah kepala keluarga yang tidak mendapat bantuan, hal tersebut sesuai kriteria serta persyaratan penerima jenis bantuan.

“Untuk tahap pertama BLT-DD sudah disalurkan ke seluruh kampung pada bulan Mei yang lalu sebelum lebaran Idul Fitri.” Sebut Safriadi, Rabu (24/06/2020).

Disamping itu Safriadi menambahkan untuk program ketahanan pangan sebagai program untuk menstimulus, ketahanan pangan masyarakat juga telah di salurkan ke seluruh kampung dalam rentang satu minggu yang lalu.

Untuk ketahanan pangan ini sesuai dengan juknis yang disampaikan, telah di salurkan kepada 1380 kepala keluarga atau 99,06% kepala keluarga telah menerima manfaat dari program tersebut, 0,93% dari kepala keluarga yang tidak mendapat program ketahanan pangan ini adalah masyarakat yang tidak memenuhi kriteria seperti pejabat eselon 4,3 dan 2.

Kita berharap setelah seluruh program ini disalurkan, agar komponen masyarakat lebih fokus pada tindak pencegahan penularan Covid19 dan mulai kembali menggiatkan sektor ekonomi dan pembangunan kampung.

Saat ini banyak program juga kegiatan yang jauh jauh hari sudah kita rencanakan terpaksa harus tertunda akibat pandemi ini dan kami berharap 6 (Enam) bulan kedepan disamping kita tetap meningkatkan kemampuan pencegahan Covid-19, juga harus di ikuti dengan program-program pembangunan yang masih mungkin dilaksanakan.

Kemudian Kasi PMK Kecamatan Bener kelipah, Nawawi, SE menyampaikan kepada seluruh reje kampung untuk menyiapkan seluruh dokumen pertanggung jawaban dari program tersebut sehingga program ini dapat memberi manfaat dan tidak memunculkan permasalahan adminstratif di kemudian hari.

Penyerahan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap kedua ini di hadiri oleh Asisten I Drs. Muklis, Sekretaris DPMK Iwan pasha, S. STP, M.Si, dan dari Innspektorat Dra. Hajjah beserta unsur Forkopimcam Bener Kelipah.  (Putra Mandala/FG)

Comments

comments

News