by

Kecamatan Timang Gajah Dapat Bantuan Program P2L Kepada 2 Kelompok Wanita Tani

 

Redelong | Lintasgayo.com – Pelaksanaan monitoring dan pendampingan pelaksanaan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang dilakukan oleh Badan Penyuluh (BP) Datu Beru dan Kantor Camat Timang Gajah. Jumat 24/10/2020.

Menurut Camat Timang Gajah Budi W Nugroho.S.Ip, kepada media ini, bahwa kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) merupakan program dari Kementerian Pertanian RI melalui Badan Ketahanan Pangan, Dinas Pangan Aceh dan Dinas Pertanian Bener Meriah dan Balai Penyuluh Datu Beru sebagai urusan wajib Pemerintah.

Kemudian pada tahun 2020 ini Kecamatan Timang Gajah mendapatkan Bantuan Program P2L sejumlah 2 Kelompok Wanita Tani (KWT) yaitu KWT Muger di Kampung Fajar Harapan dan KWT Mawar Kampung Mekar Ayu masing-masing mendapatkan bantuan senilai Rp 60 Juta rupiah.

Dapat dikatakan dana tersebut  yang dipergunakan untuk Rumah Bibit. Demplot Sayur mayur yang kemudian didistribusikan ke pekarangan masing-masing anggota Kelompok Wanita Tani dan sarana dan prasarana pendukung tanaman pupuk, polybag, sarlon dsb. kata Budi.

Selanjutnya program ketahanan pangan ini merupakan urusan wajib dari pemerintah dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan dan gizi masyarakat, hal ini menjadi landasan yang kuat bagi Pemerintah Bener Meriah untuk mengembangkan sistem ketahanan pangan yang maksimal.

“Tentunya harus dibarengi dengan penataan kelembagaan stok Analisa Swot terhadap Program P2L harus Strong (Kekuatan). Kelompok Wanita Tani sudah berjalan melalui mekanisme swadaya masyarakat kurang lebih 2 Tahun,” ungkapnya.

Kapasitas kelembagaan Kelompok Wanita Tani sudah terbentuk dan sudah berjalan, dan dukungan yang sudah berjalan dari dinas pertanian melalui Balai Penyuluhan Datu Beru juga program Pekarangan Pangan Lestari termasuk pendampingan yang intens dari BP Datu Beru Kecamatan Timang Gajah.

Disamping itu Weakness (kelemahan) lemahnya manajemen administrasi kelompok pembukuan produksi dan penjualan, lemahnya pemahaman dan aplikasi konsep pertanian modern.

Lebih lanjut Opportunity (Peluang) yaitu peningkatan pendapatan keluarga melalui P2L (Surplus Produksi Pertanian), menurunkan angka prevalensi stunting (fajar harapan sebagai salah satu desa Locus Stunting. sebutnya.

Termasuk Treatment (Ancaman) minimnya lahan pekarangan di Kampung Mekar Ayu, keberlanjutan program dan support anggaran untuk tahun depan. Kelembagaan ketahanan pangan Stok yang belum optimal.

Kegiatan ini juga dihadiri ketua TP PKK Timang Gajah, Babinsa dan Babinkantibmas Kepala BP Datu Beru Zakaria, SP beserta Penyuluh, Ketua Muger Fajar Harapan Asmaul Husna dan Ketua Mawar Mekar Ayu Yuyun Dwi Sulistiani dan 30 Anggota. tutup Budi Nugroho. (Putra Mandala/FG)

Comments

comments

News