by

Ketua PWI Aceh Tarmilin Usman Ajak Wartawan Ikuti UKW

Ketua PWI Aceh menyerahkan Pataka kepada Mashuri Ketua PWI Bener Meriah.

Redelong| Lintasgayo.com – Ketua PWI Aceh Tarmilin usman mengajak pemerintah daerah untuk ikut membantu menciptakan wartawan-wartawan kompeten. Karena menurutnya masih banyak wartawan di Bener Meriah yang belum mengikuti uji kompetensi jurnalistik.

“Saya melihat, banyak juga wartawan- wartawan yang ada di Bener Meriah ini belum mengikuti uji kompetensi,” kata Tarmilin pada puncak pelantikan pengurus Balai PWI cabang Bener Meriah, Kamis (01/04/21).

Tarmilin menegaskan, bahwa kedepannya, uji kompetensi sangat penting bagi jurnalis, karena jurnalis yang belum lulus uji kompetensi berpotensi ditolak saat mengkonfirmasi sebuah berita atau tidak diberi informasi oleh nara sumber.

Ia mengajak para jurnalis PWI atau non PWI untuk mengikuti uji kompetensi wartawan. Tarmilin juga mengharapkan peran pemerintah daerah agar membantu para jurnalis untuk bisa mengikuti uji kompetensi.

“Alhamdulillah, beberapa waktu lalu, kami telah melakukan uji kompetensi yang dilaksanakan di Kota Langsa, diikuti 36 peserta, mereka adalah wartawan dari seluruh Aceh. Tidak mungkin ratusan wartawan disini bisa dilakukan uji kompetensi oleh PWI itu sendiri, dari sinilah perlunya peran pemerintah, peran kita semua “. Tambahnya.

Tarmilin menjelaskan PWI adalah mitra strategis pemerintah, bukan menempatkan diri sebagai lawan, musuh, atau lawan politik. PWI, katanya harus memberikan kritik yang membangun, bukan kritik yang tendensius.

“kendatipun demikian, menempatkan diri sebagai mitra, harusnya, tidak ada intervensi dari pemerintah kepada PWI itu sendiri,”. tutupnya. (Syah Antoni/Ihfa)

Comments

comments