by

Usai Sholat Jumat, Pengurus DKM Rahmatullah Santuni Anak Yatim

Bener Meriah | Lintasgayo.com– Masjid Besar Rahimatullah Komplek Pesantren Nurul Islam Blang Rakal,Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, melaksanakan shalat Jumat secara Rutin. Jumat ini berbeda dari Sebelumnya, sebagai Khatib dipercayakan kepada santriwan Haikal Prasetya dan Imam Sholat Ust. Muhibbul Sabri. (14/06/2024).

Usai shalat jumat dilanjutkan dengan kegiatan pemberian santunan untuk santri yatim. Santunan ini sudah kedua kalinya diberikan. Saat ini di Pesantren Terpadu Nurul Islam memiliki lebih dari 30 santri yang berstatus yatim, piatu dan yatim piatu.

Saat dikonfirmasi lintasgayo.com , Ustadz Radim Hidayat, S. Pd. Selaku Ketua Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid Rahmatullah mengatakan, “Program pemberian santunan untuk anak yatim merupakan program baru di Masjid Rahmatullah. Program ini bertujuan untuk membantu santri-santri yang berstatus yatim, piatu dan yatim piatu. Sumber dana santunan ini berasal dari kotak amal yang kita buat khusus untuk santunan santri yatim”.

Untuk saat ini, program pemberian santunan untuk santri yatim baru bisa kita berikan satu bulan sekali, hal ini dikarenakan masih minimnya dana infak yang terkumpul, walaupun sebenarnya kita berharap pemberian santunan ini kita lakukan setiap jum’at, pungkasnya.

Ketua kemakmuran Mesjid Rahmatullah menambahkan, Dalam Al-Qur’an, berbagai hal yang berkaitan dengan anak yatim disebutkan dalam 22 ayat. Hal ini menunjukkan bahwa kedudukan anak yatim begitu istimewa dalam ajaran Islam.

Salah satunya adalah surat Al-baqarah ayat 220 :

فِى ٱلدُّنْيَا وَٱلْءَاخِرَةِ ۗ وَيَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلْيَتَٰمَىٰ ۖ قُلْ إِصْلَاحٌ لَّهُمْ خَيْرٌ ۖ وَإِن تُخَالِطُوهُمْ فَإِخْوَٰنُكُمْ ۚ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ ٱلْمُفْسِدَ مِنَ ٱلْمُصْلِحِ ۚ وَلَوْ شَآءَ ٱللَّهُ لَأَعْنَتَكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

Artinya: Tentang dunia dan akhirat. Dan mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakalah: “Mengurus urusan mereka secara patut adalah baik, dan jika kamu bergaul dengan mereka, maka mereka adalah saudaramu; dan Allah mengetahui siapa yang membuat kerusakan dari yang mengadakan perbaikan. Dan jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia dapat mendatangkan kesulitan kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana

Disamping itu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:
“Bahwa aku dan orang-orang yang memelihara anak yatim dengan baik akan berada di surga, bagaikan dekatnya jari telunjuk dengan jari tengah, lalu Nabi mengangkat tangannya dan memperlihatkan jari telunjuk dan jari tengahnya, lalu ia renggangkan.” (HR Bukhari)

Kemuliaan anak-anak yatim benar-benar dipelihara dan dijaga oleh Rasulullah SAW. Pada waktu beliau masih hidup. Beliau senantiasa mendekati, berkumpul, dan bercakap-cakap dengan anak-anak yatim. Rasulullah SAW sendiri telah menempatkan dirinya sebagai penanggung jawab dunia akhirat, dan menjadi bapak dari mereka, sehingga beliau mendapat julukan sebagai Abul Yatama.tutupnya. (Pining79)