by

Kakankemenag Bener Meriah Sampaikan Kultum Tentang Tiga Peran Manusia

Redelong|Lintasgayo.com – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah Drs H Hamdan MA sampaikan kuliah tujuh menit (Kultum). Selasa (23/11/2021).

Dalam tausiahnya di Mushalla Al-Ikhlas kantor setempat, Hamdan menyampaikan tiga peran umat manusia dipermukaan bumi ini.

Yang pertama, Pengabdian, yaitu beribadah kepada Alllah SWT, sebagaimana firman Allah dalam Alquran Surah Adz-Dzariyat ayat 56 berbunyi: “Wa ma khalaqtul jinna wal insa illa liya’budun,” yang artinya: “Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku,” ujar Hamdan.

Yang kedua, Hamdan menyampaikan peran manusia di bumi adalah sebagai Khalifah atau pemimpin. Hamdan menerangkan, bahwa semakin tinggi jabatan seseorang maka semakin berat tanggungjawab yang diembannya.

“Namun bagi pemimpin yang sabar dan taat dalam menjalankan amanah tersebut, maka semakin banyak pahala yang diberikan Allah SWT,” ungkap Hamdan yang pernah menjabat Kabid Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Aceh ini.

Dalam kesempatan ini, Hamdan berpesan kepada pegawai setempat untuk dapat menata diri, menata hati, dan selalu melakukan perubahan yang baik secara perlahan-lahan.

Yang ketiga, manusia diutus ke permukaan bumi adalah sebagai penebar kebajikan. Salah satu ayat yang memerintahkan manusia untuk senantia berbuat kebaikan adalah firman Allah dalam surat Ali Imran ayat 110.

Diakhir tausiah singkatnya, Hamdan mengajak segenap ASN dan Pramubakti Kantor Kementerian Agama Bener Meriah untuk mengingat tiga hal tersebut dan dapat mengamalkannnya. ( Fz )

Comments

comments