by

Draft Pernyataan Sikap Calon Perseorangan

BANDA ACEH – Kandidat calon kepala daerah dari jalur independen menyatakan mendukung pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Aceh sesuai jadwal. Sikap itu dikeluarkan menyusul permintaan penundaan Pemilukada oleh 16 partai politik di Aceh yang meminta Pemilukada ditunda.

Pertemuan itu dihadiri hampir seluruh kandidat kepala daerah dari jalur independen. Namun hingga pukul 11.30 Wib, Senin (18/7), Gubernur incumbent Irwandi Yusuf yang juga menyatakan maju lewat jalur perseorangan belum juga hadir.

Sementara Ahmad Tajudin atau yang akrab disapa Abi Lampisang, yang juga mencalonkan diri sebagai Gubernur Aceh juga tak hadir. Menurut salah seorang panitia, Abi Lampisang berhalangan hadir karena sakit, dan diwakili tim suksesnya.

Para kandidat calon independen menyatakan beberapa hal menyangkut Pilkada Aceh. Mereka juga berencana mengirimkan surat kepada presiden untuk meminta Pemilukada dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh sebagai penyelengara Pemilu.

Berikut draf penyataan sikap para kandidat calon independen :

Deklarasi seluruh calon perseorangan dalam menyikapi situasi politik di Aceh akhir-akhir ini. Kami para calon perseorangan dari seluruh Aceh, baik bupati/walikota, gubernur menyatakan sikap;

  1. Mendukung perlaksanaan Pilkada sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan oleh KIP, secara demokratis, adil dan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Mendukung sikap KPU, KIP Aceh, KIP Kabupaten/Kota yang telah melaksanakan Pilkada sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku serta mengakomodir calon perseorangan sebagaimana putusan Mahkamah Konsitusi.
  3. Menyerukan kepada semua elit politik, dan semua pihak untuk mementingkan kepentingan rakyat banyak diatas kepentingan kelompok, dan menghentikan berbagai polemik yang tidak menguntungkan rakyat.
  4. Mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Aceh yang telah memberikan dukungan KTP, bagi seluruh kandidat bupati/walikota dan Gubernur dari jalur perseorangan.

Hermes Palace Hotel

Banda Aceh 19 Juli 2011

(Dedek Razak | atjehpost)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.