by

Inovatif, Mahasiswa KKN IAIN Takengon Ciptakan Alternatif Pengganti Minyak Sawit

Minyak Kelapa Hasil Olahan Mahasiswa KKN IAIN Takengon

Takengon|Lintasgayo.com – Kegiatan KKN IAIN Takengon sudah berlangsung selama 26 hari di desa Owaq, Kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah.

Kegiatan KKN tersebut mengusung tema “Membangun Desa dan Keshalihan Umat Beragama” dengan salah satu program unggulan yaitu pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan.

Banner

Adapun tujuan dari program kerja pada kegiatan tersebut guna menambah variasi produk pemberdayaan ekonomi masyarakat serta menambah wawasan mengenai produk yang mampu dihasilkan dengan memanfaatkan bahan baku yang tersedia di Desa Owaq, Kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah.

Mahasiswa KKN IAIN Takengon bersama masyarakat Owaq berinovasi membuat salah satu produk dengan bahan alami yang didapat dari potensi alam desa Owaq yaitu buah kelapa. Senin ( 04/04/2022 ).

Buah kelapa dijadikan minyak dengan bahan dasar daging kelapa. Pembuatan minyak kelapa ini dilatarbelakangi tingginya harga minyak goreng dipasaran. Melihat banyaknya potensi buah kelapa di Desa Owaq maka Mahasiswa KKN IAIN Takengon berinisiatif membuat minyak kelapa, dimana dalam pembuatannya, mahasiswa KKN bekerjasama dengan ibu-ibu masyarakat desa Owaq.

Selanjutnya, kegiatan tersebut diharapkan mampu memotivasi masyarakat kedepannya agar dapat memanfaatkan potensi yang ada di desa mereka, utamanya tanaman kelapa. Dengan begitu, minyak kelapa dapat di perjual belikan secara luas, serta dapat meningkatkan nilai jual kelapa itu sendiri. Selain minyak kelapa, kegiatan tersebut diharapkan mampu meningkatkan inovasi masyarakat Desa Owaq dalam mengolah produk terbaru dengan bahan dasar kelapa. Misal, dengan memanfaatkan santan kelapa. ( Santon )

Comments

comments