by

Dispora Aceh Tengah Adakan TOT dan Seleksi Pelatih Paskibraka

Takengen| Lintasgayo.com– Untuk mengukur kemampuan para trainer Paskibraka Aceh Tengah, mereka harus diuji kemampuanya, bukan hanya sekedar untuk dijadikan sebagai pelatih.

“Kemampuan para traniner sangat menentukan hasil anak didik yang dilatihnya, khususnya saat pengibaran bendera pada 17 Agustus. Untuk itu para trainer Paskibraka Aceh Tengah memang harus memiliki skil. Para trainer bukan hanya sekedar melatih,” sebut Jasa Purnama, ketua PPI Aceh Tengah.

Hal itu disampaikan ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Aceh Tengah ketika dilangsungkan pembukaan pelaksanaan Training of Trainer (Tot) dan seleksi pelatih Paskibraka Aceh Tengah yang berlangsung pada Senin (30/5/2022) di aula Hotel Linge Land, Aceh Tengah.

Menurut ketua PPI Aceh Tengah yang turut didampingi Husnul, sekretaris PPI Aceh, kegiatan ToT ini dilaksanakan oleh Dispora Aceh Tengah bekerjasama dengan PPI Aceh Tengah.

Menurut Zulfan Diara Gayo, Plt, Kadis Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh Tengah, kegiatan pembelakan ilmu kepada para trainer ini merupakan kegiatan perdana yang dilakukan Kabupaten Aceh Tengah.

“Selama ini kegiatan ToT senantiasa diselengarakan oleh PPI dan pihak Dispora Aceh. Kini Aceh Tengah diberikan kepercayaan untuk membekali para trainer agar hasil yang dicapai maksimal demi suksesnya pengibadaran bendera 17 Agustus mendatang,” sebut Zulfan.

Kegiatan ToT ini walau berlangsung selama dua hari hingga 31 Mei 2022. Kegiatan selama dua hari ini sudah memadai karena para trainer yang memberikan materi, selain alumnus Paskibaraka juga memiliki kompetensi dalam bidang ini.

Mereka yang dipercayakan menjadi trainer; untuk materi Samapta dan praktek dipercayakan kepada Husnul Qadar Cibro, S.Pd.I (Mpo PPI Aceh Tengah), materi PBB dan bendera merah putih, simulasi dan praktek disampaikan Jasa Purnama ketua PPI dan Fadli SyahPutra sekretaris PPI).

Sementara materi wawasan kebangsaan dipercayakan kepada Muchlis Gayo, SH. M.Si, ketua Karcab Pramuka Aceh Tengah).

Para peserta trainer diberikan pendalaman ilmu dan sekaligus seleksis tentang Samapta simulasi dan praktek, PBB dan bendera beserta prakteknya, dan wawasan kebangsaan. *** Khosi NT

Comments

comments