by

Terima Kunjungan Kepala Litbang Kemenag RI, Shabela Sebut Aceh Tengah Akan Miliki Al-Qur’an Terjemah Bahasa Gayo

Bupati Shabela saat menerima kunjungan Kunjungan Litbang RI. Ist

Takengon | lintasgayo.com – Bupati Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar, menerima kunjungan kerja Prof. Dr. M. Arskal Salim GP, M.Ag Kepala Pusat Litbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) di kediaman Dinas Pendopo Bupati Aceh Tengah, pada Senin Sore (13/06/2022).

Tiba di Takengon Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Leksturel Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi, Balitbang Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia beserta rombongan, mulai tiba tanggal 13 hingga tanggal 15 Juni 2022 nanti, dalam rangka melaksanakan sejumlah agenda kegiatan terkait penerjemahan Al-Qur’an dalam Bahasa Daerah Gayo.

Banner

Dengan agenda utama adalah penandatangan nota kerjasama antara Rektor IAIN Takengon dengan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Leksture Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi Kemenag RI, esok hari di IAIN Takengon.

Turut hadir mendampingi Kepala Pusat Litbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI, Rektor IAIN Takengon Zulkarnain bersama segenap jajaran Dosen dan Akademisi IAIN Takengon serta Amrun Saleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gayo Lues selaku anggota Tim Penerjemah Al Qur’an kedalam Bahasa Daerah Gayo.

Pada kesempatan kali ini Bupati Aceh Tengah mengucapkan selamat datang kepada Kepala Pusat Litbang Leksture, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI, beserta rombongan dalam kunjungannya di Kabupaten Aceh Tengah Negeri yang terletak pada ketinggian antara 1200 hingga 1600 MDPL.

“Sebuah kehormatan bagi kami, untuk kesekian kalinya menerima kunjungan dari Kemenag RI, ini merupakan cerminan Sinergitas dan Koordinasi yang baik antara Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dengan Kemenag RI,” Buka Bupati dalam bincang bersama tersebut.

“Kami selaku Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menyampaikan ucapan terimakasih serta ucapan selamat datang kepada Bapak Arskal Salim beserta rombongan yang sudah hadir dalam acara kunjungan kerja pada hari ini, mudah-mudahan dengan kehadiran Bapak dapat membawa dampak positif dalam pembangunan di Dataran Tinggi Tanah Gayo Takengon Kabupaten Aceh Tengah.

Selanjutnya Bupati Aceh Tengah, menambahkan, “Saya ingin mengajak mari kita bersama-sama bersinergi saling menjaga dan mendukung sesuai dengan kemampuan masing-masing agar semakin maju dan semakin kompak dalam mewujudkan apa yang kita inginkan bersama, utamanya kami juga meminta dukungan serta upaya pengenalan potensi yang Daerah Kami ini miliki di pusat terlebih bentuk dukungan nyata bagi pengembangan Kabupaten Aceh Tengah” Papar Bupati Shabela Abubakar.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Puslitbang Kemenag RI, Prof. Arsal Salim mengatakan ragam bahasa yang ada di Indonesia sangatlah beragam, karenanya Kemenag RI ingin agar Al-Quran sebagai sumber dari ilmu pengetahuan dapat diakses oleh para penutur Bahasa di Daerah.

“Kami ingin menceritakan prosesnya yang tidak mudah. Karena ini bertujuan untuk mencoba menghidupkan kembali bahasa daerah itu, menjadikannya bahasa pengetahuan karna Al-Quran adalah sumber pengetahuan, sekaligus mencegah bahasa Daerah dari kepunahan,” kata Prof Arsal.

Untuk diketahui hingga saat ini, Kementerian Agama RI melalui Pusat Litbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI telah berhasil menjalankan Program Penerjemahan Al Qur’an kedalam 28 Bahasa Daerah di Nusantara, dan semoga dalam waktu dekat, Masyarakat Kabupaten Aceh Tengah juga dapat memiliki Terjemahan Al Qur’an kedalam Bahasa Gayo sebagai bahasa mayoritas dari suku yang mendiami wilayah Tengah Aceh tersebut.

(Mhd)

Comments

comments