by

Petani Kopi Harus Tetap Sehat, Stikes Payung Negeri dan CV Bintang Musara Gelar Pengobatan Gratis

Direktur CV Bintang Musara Rasa, Fadli, SP. MP/Ist

Redelong| Lintasgayo.com – Para petani kopi di kabupaten Bener Meriah diminta untuk rutin memeriksakan kesehatannya ke klinik maupun ke rumah sakit milik pemerintah.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur CV Bintang Musara Rasa, Fadli, SP. MP, kepada para petani binaannya pada hari Apoteker Sedunia atau World Pharmacist Day (WPD) dan Hari Tani Nasional tahun 2022 yang berlangsung pada pekan lalu (25/09/22) di Kampung Bandar Lampahan Kecamatan Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah.

“Jika petani sakit maka tidak bisa lagi kekebun, sehingga kebun petani terbengkalai, jika kebun terbengkalai maka produksi kopi tidak ada, jika produksi kopi tidak ada maka pendapatan berkurang, pendapatan kita semuanya dari kopi karena pendapatan dari kopi bagaiamana nasip anak anak petani yang pendidikan baik yang kuliah di luar kota sedakan mereka butuh biaya,” kata Fadli.

Alumnus Fakultas Pertanian Universitas Gajah Putih ini menuturkan, saat ini dunia sangat membutuhkan kopi dari kabupaten dibawah kaki Burni Telong ini. Selain itu, kopi juga sudah menjadi pendapatan pokok masyarakat di Bener Meriah.

Ditempat yang sama, Ketua STIKes Payung Negeri Aceh Darussalam sekaligus Ketua Ikatan Apoteker Indonesia cabang Bener Meriah Apt. Afdalul Magfirah,M.Farm menerangkan, kegiatan pengobatan gratis ini meliputi cek tensi darah, cek gula darah, cek asam urat dan cek golongan darah.
“Kegiatan ini sekaligus memperingati hari apoteker sebagai bentuk pengabdian apoteker kepada masyarakat sehingga diharapkan kedepannya apoteker sebagai tenaga kesehatan dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat khususnya di Negeri Junjungan,” kata Magfirah.

Pelayanan kefarmasian, sebut Magfirah, merupakan pelayanan kesehatan yang mempunyai peran penting dalam mewujudkan kesehatan bermutu, dimana apoteker sebagai bagian dari tenaga kesehatan yang mempunyai tugas dan tanggung jawab yang besar dan luas dalam mewujudkan pelayanan kefarmasian yang aman, bermutu dan berkualitas.

Kegiatan pengobatan gratis ini turut dihadiri oleh BPP Kecamatan Timang Gajah, Kabid Peyuluhan Dinas Pertanian Pemkab Bener Meriah, Kapolsek Timang Gajah, Danramil Timang Gajah dan Kepala Pukesmas Timang Gajah. (LG04)

Comments

comments