by

Dinkes Bener Meriah Lakukan Rapid Test Antigen

Redelong | Lintasgayo.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah melakukan Rapid Test Antigen kepada  64 orang peserta yang akan mengikuti Pelatihan Teknis Potensi Pencarian dan Pertolongan di Gunung Hutan Tahun 2022 di Kabupaten Bener Meriah.

Kegiatan tersebut, diselenggarakan oleh Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan, Kantor Pencarian Dan Pertolongan Banda Aceh di Mes Pemkab Bener Meriah Kampung Blang Sentang Kecamatan Bukit, Kamis, (13/10/2022) sore

Untuk melakukan Rapid test Antigen terhadap 64 orang ini, yang terdiri dari 49 orang peserta dan 15 orang panitia, Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah  menerjunkan 1 orang dokter serta 5 orang tenaga kesehatan (Nakes).

“Dan disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah bapak Abdul Muis, SE, MT,” kata Gazali, S.KM selaku Kabid P2P pada Dinkes setempat yang juga ikut memantau proses Rapid Test Antigen tersebut.

Dijelaskan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit  (Kabid P2P) tersebut, Rapid Test Antigen ini kita lakukan ini berdasarkan permintaan langsung Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Banda Aceh Ibnu Harris Alhusain, S.Si melalui surat resminya dengan no.B/2 /BNP.02.01/X/SAR.BNA-2022 tertaggal 13 Oktober 2022 perihal Permohonan Permintaan Rapid Test Antigen Covid-19, baik kepada para peserta maupun kepada seluruh panitia, terang Gazali, S.KM.

Menurut Gazali, S.KM, Rapid Test Antigen ini dilakukan gunanya adalah untuk  mendeteksi secara dini keberadaan virus tertentu yang terjadi saat ini (Covid-19) dengan mengambil sampel dari hidung dan tenggorokan, disamping itu untuk mengathaui hasilnya cuga cepat  kurang lebih 15 – 20 menit, ujarnya.

“Walaupun situasi saat ini terus membaik, namun demikian kita masih tetap perlu waspada terhadap penularan Covid-19 ini, salah satunya dengan melakukan Rapid Test Antigen ini,” tegas Gazali, S.KM.

“Alhamdulillah, dari semua peserta maupun panitia yang berjumlah  64 orang yang kita Rapid Tes Antigen, semua hasilnya negatif,” pungkas Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah Gazali, S.KM.

Sekedar informasi dimana kegiatan tersebut dibukan oleh Anggota DPRK Bener Meriah Darwinsyah dan ikuti dihadiri oleh Asisten 2 Sekdakab drh. Sofyan, Kadis Sosial Ir, Mahmuddin, M.AP, Pasi Ops Kodim 0119/BM Lettu Inf. Febri Makaminang, Kabag Ops Polres Bener Meriah Kompol Syabirin, M.Si serta pejabat dan undangan lainnya. (*)

Comments

comments