by

PT Astra Internasional Beri Bantuan Alat Bertani

Takengon | Lintasgayo- PT Astra Internasional melalu program Desa Sejahtera Astra Takengon, memberikan bantuan alat bertani kopi kepada Yayasan Coffee Learning Center, di Kampung Blang Gele, Rabu 30 Agustus 2023.

Mukhlis Amin, fasilitator atau local champion Astra dengan Lembaga fasilitatir Merador Coffee, mengatakan bantuan ini diharap bisa meningkatkan produksi kopi petani. Yang akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan petani.

Bantuan yang diberikan kepada Yayasan Coffee Learning Center, dinilai tepat , sebut Mukhlis , karena banyak dijadikan tempat pelatihan kopi dari petani, koperasi, poktan, mahasiswa hingga pelajar Sekolah Pertanian.

Zaini , pengelola Yayasan Coffee Learning Center menyatakan rasa terima kasihnya atas bantuan Astra.

Bantuan yang diberikan Astra lewat Program Desa Sejahtera Astra ini berupa alat pertanian, seperti Alat pangkas kopi (gunting), gergaji, sarung tangan, sepatu boot, loudspeaker dan alat ukur Ph tanah.

Bantuan Astra ini akan dijadikan aset untuk dipakai siapa saja yang berlatih kopi di sana. Menurut Zaini, bantuan ini sangat tepat karena dipakai untuk keperluan pelatihan dan safety petani.

Zaini berharap kedepannya dapat menjalankan kerjasama dengan PT Astra Internasional melalui program Desa Sejahtera Astra Takengon meningkatkan Sumber Daya Manusia, petani kopi.

Dengan menggelar berbagai jenis upaya pembelajaran peningkatan kapasitas petani.
Mukhlis Amin, fasilitas local champion dengan lembaga Merador Coffee, mengatakan bahwa kerjasama dengan Yayasan Coffee Learning Center, masih kerjasama awal.

Kedepan Mukhlis Amin berharap kerjasama dan bantuan bisa berdampak nyata kepada petani kopi di Dataran Tinggi Gayo.

Dampak ini diharap multi efek mengedepankan pertanian kopi yang berkelanjutan dengan pola organik. Agar ekosistim kopi tetap terjaga.(Wrb)

Comments

comments