by

Ayo Dukung Yusdarita dari Gayo Masuk N-Peace Awards Candidate

Yusdarita Wisto dari Bener Meriah Aceh- Indonesia masuk sebagai nominasi perdamaian tingkat regional di thailand oktober mendatang dari Indonesia untuk N-Peace Network, N-Peace Network adalah sebuah lembaga yang beroperasi di empat negara berisiko tinggi menghadapi keadaan darurat krisis yang kronis akibat risiko tinggi konflik dan kerentanan terhadap bencana alam (Indonesia, Nepal, Sri Lanka dan Timor Leste).

Jaringan mendukung pengembangan keterampilan kepemimpinan dan kapasitas perempuan untuk mencegah konflik, menyelesaikan perselisihan dan bekerja untuk rekonstruksi dan pembangunan perdamaian pada tingkat regional, nasional dan masyarakat yang merupakan kerja sama UNDP, organisasi masyarakat sipil, dan pemerintah masing-masing negara tersebut serta lembaga pelatihan berkompeten.

Perempuan yang berasal dari desa Rembele, Kabupaten Bener Meriah tersebut Ā adalah ibu dari tiga anak dan bekerja sehari-hari sebagai petani. Selain itu ia juga telah sangat aktif terlibat dalam kegiatan sosial di desanya.

Dia mendirikan Koperasi Perempuan pada tahun 2004; bekerja di kader POSYANDU (layanan pos terpadu masyarakat) dari tahun 2006-2007, sebagai ketua koperasi di desa Rembele 2006; sebagai fasilitator desa bekerja sama dengan PNPM dan BKPG (desa lembaga bantuan keuangan ) pada tahun 2010, menjadi mediator bagi korban kekerasan dalam rumah tangga, dan masih aktif advokasi untuk isu-isu yang berkaitan dengan kekerasan terhadap perempuan dan kekerasan terhadap anak-anak di tingkat desa untuk tingkat sub-distrik.

Yusridarita Wisto juga dianggap berhasil memotivasi anggota otoritas desa Rembele dalam mengembangkan pendekatan berbasis masyarakat sebagai Perempuan dan Mekanisme Perlindungan Anak. Desanya sekarang diakui sebagai desa percontohan dan sedang ditiru oleh banyak desa di Kabupaten Bener Meriah.

Pada November 2010, ia dinominasikan dalam Penghargaan Perempuan Aceh yang diselenggarakan oleh Gerakan Perempuan Aceh. dirinya sangat berkomitmen untuk pengembangan yang lebih baik dari desanya dan terutama ia telah lama berjuang untuk mencapai perempuan dan hak-hak anak yang sering menderita karena budaya dan kebiasaan setempat.

Saat ini ia membutuhkan dukungan mendapatkan penghargaan N-Peace Award dari Facebook kita bersama seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat Aceh, tentunya masyarakat Bener Meriah khususnya yang berada di seluruh indonesia untuk ikut dalam memilih dengan mengklik MISS YUSRIDA WISTO mendapatkan N-Peace Award yang akan di umumkan pada peringatan sepuluh tahun Resolusi Dewan Keamanan PBB 1325 oleh UNDP Pusat Regional Asia Fasific dengan tujuan memperkuat organisasi masyarakat sipil yang bekerja pada perempuan, perdamaian dan keamanan (working on women, peace and security (WPS).

Yusdarita Wisto sendiri akan bersaing dengan kandidat lain seperti Latifah Anum Siregar (Papua), Electronita Duan (Maluku utara), Dewi Rana (Sulawesi Tengah), seorangĀ  pria Oliva Lasol (Maluku) yang kesemuanya dari Indonesia.

Untuk itu mari ikut serta berpartisipasi memilih dengan mengaktifkan dan menggunakan akun Facebook dan mengklik salah satu nama di situs http://www.n-peace.net/awards/vote?country=Indonesia dan Klik MISS YUSRIDA WISTO dari Indonesia. (Iwan SP)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.