Masyarakat Kute Asal Takengon Ikuti Sosialisasi Pengelolaan Sampah

Takengon | Lintas Gayo – Rangkaian kegiatan “Sosialisasi Pengelolaan dan Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga” yang dilaksanakan dengan kerjasama antara Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Aceh Tengah, Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Gabungan Organisasi Wanita (GOW), media online Lintas Gayo dan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKMI) mulai dilaksanakan sejak Kamis, 12 Juli di Menasah Kute Asal atau sering disebut Mersah Padang Takengon.

Acara yang seyogianya dibuka oleh Bupati Aceh Tengah ini diwakilkan pada Sekda Aceh Tengah, Drs. Taufik, MM..

Sekda Aceh Tengah sangat antusias mendukung kegiatan mengatakan sampah itu harus dipilah dan diolah dengan berbagai cara yang salah satunya dengan menerapkan prinsip 3R,yaitu: Reduce artinya mengurangi sampah dengan dengan cara pemakaian benda yang tidak terlalu kita butuhkan. Reuse artinya berarti memanfaatkan kembali barang yang sudah tidak terpakai, dan yang terakhir Recycle yang artinya mendaur ulang barang, yang bisa dilakukan dengan cara mendaur ulang sampah organic dan anorganik.

Materi inti pada sosialisasi ini di paparkan langsung oleh ibu Ir.Yana Tanwoer selaku penasehat tim. Sebelumnya Dinas Kebersihan juga telah memberikan materi tentang Pentingnya pengelolaan sampah rumah tangga, dilanjutkan dengan “Teknik Pembuatan Pupuk dan TPS (tempat pembuangan sampah)”.

Warga yang hadir sebahagian besar adalah petugas di Dinas Kebersihan yang juga bertempat tinggal di desa Kute Asal.

Kegiatan ini bukan hanya sekedar sosialisasi namun berupa aksi yang di mulai dari Kute Asal Kecamatan Lut Tawar, yang selanjutnya akan diteruskan ke kecamatan yang ada di seputar Takengon.

Tim tidak bisa melakukan kegiatan ini tanpa adanya dukungan dan partisipasi dari lapisan masyarakat yang menjadi titik tumpu lingkungan yang bersih dan sehat, rasa kesadaran yang tinggi juga perlu di bangun dan di terapkan di kehidupan diri sendiri, keluarga dan masyarakat.”  tutur Rahmawati yang memimpin diskusi dengan warga masyarakat.

Kegiatan ini di tutup setelah adanya diskusi yang memutuskan beberapa hal terkait pengelolaan dan pemanfaatan sampah rumah tangga di Desa Kute Asal. yang berada di sentral pusat kota Takengon Aceh Tengah. (Desy Diana/red.03)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.