by

Lintas Gayo Gelar Lomba Lukis Peduli Danau Lut Tawar

Takengon | Lintas Gayo – Berangkat dari kekhawatiran semakin rusaknya lingkungan Danau Lut Tawar yang terletak disisi timur kota Takengon Kabupaten Aceh Tengah, dalam bulan Februari dan Maret 2012 ini Forum Lintas Gayo menggelar even lomba lukis tentang danau tersebut dengan peserta siswa Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang lokasi sekolahnya berbatas langsung dengan danau tersebut.

“Menumbuhkembangkan kesadaran dan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan perlu dilakukan sejak usia dini dan karenanya kita gagas lomba bertemakan kepedulian terhadap Danau Lut Tawar,” kata Mailida Sulaiman, staf Lintas Gayo yang dipercayakan menjadi koordinator kegiatan tersebut, Sabtu (14/1/2012).

Dipaparkan Mailida, berbeda dengan lomba lukis umumnya yang mengundang pesertanya hadir di suatu tempat, maka lomba lukis kali ini diadakan di ruang kelas sekolah masing-masing siswa tersebut dengan peserta dibatasi persekolahnya 30 orang siswa yang diseleksi oleh guru masing-masing dari kelas IV, V dan VI.

“Sesuai jadwal yang akan kami kirimkan, kami datang ke sekolah dan menggelar lomba lukis. Kita akan pilih 3 hingga 5 lukisan terbaik dan langsung diberikan hadiah yang telah disediakan,” kata Mailida.

Setelah lomba disemua sekolah yang ditentukan selesai, lanjutnya, baru akan digelar grand final lomba. Anak-anak yang terpilih dari masing-masing sekolah akan kita panggil kembali untuk mengikuti grand final lomba lukis yang tempat penyelenggaraannya akan dilaksanakan disuatu tempat terbuka yang berhubungan langsung dengan danau kita tercinta tersebut. Ajang ini juga untuk membina bakat pelukia muda tanoh Gayo, papar Mailida lebih lanjut.

Ditanya sumber dana kegiatan, Mailida mengaku sudah mendapat dana awal dari Lintas Gayo sebesar Rp.300 ribu. Selain itu mereka akan mencari dana tambahan dari para donatur yang bersimpati atas misi kampanye penyelamatan danau Lut Tawar tersebut.

“Selain uang, kami dengan senang hati menerima sumbangan benda berupa peralatan sekolah yang nantinya akan kami berikan kepada peserta lomba yang masuk nominasi terbaik,” harap Mailida seraya menegaskan pihaknya akan transfaran terhadap penggunaan uang maupun barang yang mereka terima nantinya.

(Kha A Zaghlul)

.

Comments

comments