by

Petani Kopi Gayo Ikuti Pertemuan Fair Trade Organic di India

Medan | Lintas Gayo – Sebanyak 13 orang petani kopi Gayo dijadwalkan menghadiri pertemuan antar pelaku kopi se-Asia Fasifik yang berlangsung 20- 22 Januari 2012 ini di Chenai India.

“Dalam pertemuan itu nanti, kita berharap akan menghasilkan  banyak manfaat bagi petani kopi dari daerah Gayo ini,” sebut ketua rombongan petani kopi tersebut, Mustawalad, via telepon genggam  kepada wartawan, Kamis (19/1/2012) siang dari Bandara Polonia Medan.

Diungkap Mustawalad, dalam keberangkatan ke India, pihaknya juga menyertakan sejumlah sampel biji kopi jenis arabika dan robusta organic asal Tanah Gayo. “Kita akan promosikan kopi organic dari Tanoh Gayo kepada peserta lain yang hadir,” katanya.

Sebagai tujuan pertemuan tersebut, dijelaskan Mutawalad, selain membahas peningkatan jaringan pemasaran kopi dunia, juga sekaligus sebagai ajang pemilihan pengurus koperasi Asia-Fasific.

Pengakuan Mustawalad, dirinya juga merupakan sebagai salah seorang calon kandidat ketua Forum Fair Trade asal Aceh yang mewakili Negara Indonesia.

Diantara negara yang akan menghadiri acara pertemuan ini, selain India sendiri ada perwakilan dari Australia, Cina, Vietnam, Sri Langka, Papua Nugini,  Arab dan lain-lain.

“Sebagai persyaratan bagi negara peserta acara tersebut harus sudah memiliki sertifikasi Fair Trade Organic,” pungkas Mustawalad.

(Kha A Zaghlul/Red-03)

.

Comments

comments