by

Iranda Novandi : Penulis Gayo Punya Intelektual Tinggi

Dari kiri ke kanan, Drs Jamhuri MA, Khalisuddin dan Iranda Novandi. (LG | Doc. Lintas Gayo)

Banda Aceh | Lintas Gayo – Kehadiran Lintas Gayo Online membuktikan penulis-penulis Gayo punya intelektual yang tinggi, demikian pernyataan salah seorang wartawan senior di Aceh Iranda Novandi yang tampil sebagai pengamat berita Lintas Gayo pada acara Keberni Gayo yang disiarkan langsung oleh Aceh TV,  edisi Jumat (03/2/2012) lalu.

Acara yang dipandu, Drs. Jamhuri, MA dengan nara sumber Khalisuddin, salah seorang pengelola Lintas Gayo Online dengan tema pembahasan “Media di Tanoh Gayo”.

Dikatakan Jamhuri, bahwa kehadiran Lintas Gayo sebagai salah satu media besar dari tanoh Gayo saat ini telah menjadikan pelepas dahaga urang Gayo baik yang ada ditanoh Gayo maupun urang Gayo perantauan akan informasi tentang keadaan kampung halaman mereka, dan  mengubah pola masyarakat agar menjadi cerdas, terang Jamhuri

Menurutnya, sehebat apapun orang jika tidak ada media yang mempublikasikannya maka orang itu tidak mungkin akan dikenal orang, maka dari itu kehadiran Lintas Gayo telah menjawab semuanya, kata pembawa acara yang juga sebagai dosen di IAIN Ar-Raniry Banda Aceh ini .

Sementara itu, Khalisuddin, Redaktur Pelaksana Lintas Gayo Online mengucapkan terima kasih atas kepercayaan urang Gayo selama ini kepada Lintas Gayo.

“Kepercayaan ini adalah sebuah kebanggaan dan bukan semata-mata milik pengelola atau sekelompok orang saja saja, tapi bagi urang Gayo dimanapun berada,” kata Khalisuddin.

Kehadiran Lintas Gayo kata Khalis, merupakan niat dan tekad bermodal keikhlasan semua urang Gayo yang merasa resah akan daerahnya saat ini. Sangat banyak yang sudah hilang dan ditinggalkan di Gayo, baik adat, bahasa dan sejarah merupakan identitas urang Gayo yang paling berharga, maka kalau tidak secepatnya dikumpulkan dan diperbaiki, keadaan itu akan semakin memprihatinkan, terang Khalis.

Ditambahkan ayah empat anak ini, Lintas Gayo adalah milik semua masyarakat Gayo hanya saja kita terpanggil untuk mengelolanya, dan berharap dukungan dari semua masyarakat Gayo untuk kemajuan media ini kedepannya.

Sementara itu, Iranda Novandi yang menjadi pengamat media dalam acara tersebut mengatakan Lintas Gayo saat ini merupakan salah satu media yang paling independen, dan berharap kedepannya agar menjaga ke-khasannya dalam pemberitaan yang menarik, terlihat dari setiap tulisan-tulisan yang ada di Lintas Gayo dengan khasnya membuktikan bahwa penulis-penulis Lintas Gayo memiliki intelektual yang tinggi, kata Iranda.

Ditambahkan Iranda, pada saat ini banyak realita yang terungkap dengan kehadiran Lintas Gayo, mulai dari banyaknya tulisan-tulisan opini yang masuk ke Lintas Gayo membuktikan bahwa media ini sangat terbuka bagi siapa saja yang mau menulis, tidak membatasinya,.

“Media seperti ini adalah calon media besar, dan tidak cukup alasan untuk menghentikan media ini’, ujar Iranda.

Amatan kru Lintas Gayo yang juga ada distudio Aceh TV, Desa Gendreng Jalan Mata Ie Kecamatan Darul Imarah Aceh Besar, dialog interaktif Keberni Gayo terlihat semakin hangat dan pada saat itu terucap kesimpulan bahwa kehadiran Lintas Gayo merupakan keinginan semua masyarakat Gayo untuk saling bahu-membahu memperbaiki keadaan Gayo saat ini. (Darmawan Masri)

Comments

comments