by

Tim ISPO SMAN 1 Takengon Kenalkan Kerawang Gayo di Universitas Indonesia


.

Jakarta | Lintas Gayo – Duta Kabupaten Aceh Tengah yang diwakili 6 orang siswa SMAN 1 Takengon telah tiba di Jakarta dan telah mulai mengikuti rangkaian ajang lomba karya tulis Indonesian Science Project Olypiad (ISPO) ke-4  yang diselenggarakan 22-24 Februari 2012 di Balairung Universitas Indonesia Depok.

Acara tersebut dibuka oleh president ISPO yang juga mantan meteri pendidikan Indonesia Prof.Dr. Bambang Soedibyo, Rabu (22/02/2012). Pada ISPO ke-4 ini Bambang Soedibyo mengatakan, ajang ini terus mengalami peningkatan jumlah peserta dari tahun ke tahun.

“Pada tahun ini terdapat 179 finalis dari keselurahan bidang yang diperlombakan”, terang Bambang Soedibyo.

SMAN 1 Takengon yang meloloskan 3 tim di ajang tersebut, terlihat dihari pertama semua kontingen dari setiap Provinsi mengenakan baju adat masing-masing daerah mereka, tak terkecuali tim yang berasal dari tanoh Gayo Aceh Tengah, wajib mengenakan pakaian adat Gayo berupa Kerawang Gayo dan Opoh Ulen-ulen. Hal ini dijelaskan salah seorang guru pembimbing SMAN 1 Takengon, Hellyda Firti, S. Pd

Ditambahkan Fitri panggilan akrab guru bidang studi kimia ini, tim SMAN 1 Takengon pada saat ini tengah berjuang demi kesuksesan penilaian di ajang ISPO ini, dan berharap bisa meraih medali seperti tahun lalu, meskipun keadaan kondisi fisik dan mental siswanya agak sedikit terganggu karena harus menempuh perjalanan yang melelahkan, kata Fitri.

Selanjutnya Fitri mengatakan, penilaiaan untuk masing-masing bidang  akan berlangsung hingga besok, Kamis (23/2/2012), dan setelah itu semua peserta langsung mendapat jamuan dari ketua DPR RI digedung DPR Republik Indonesia. Dan Jum’at (24/02/2012) acara ini akan ditutup di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, terangnya.

Pada saat ini Tim ISPO asal Gayo sangat membutuhkan doa dari semua elemen masyarakat Gayo, untuk kemajuan pendidikan di Tanoh Gayo, dan menunjukkan pada diujung pulau Sumatera ada sebuah wilayah yang sangat indah dan memiliki komoditi unggulan seperti kopi, kesempatan ini Tim ISPO SMAN 1 Takengon membagi-bagikan bubuk kopi arabika asli Gayo kepada siapa saja yang berkunjung kemasing-masing stan mereka, pungkas Fitri. (Darmawan Masri)

.

Comments

comments