by

Kuda Gayo Lues hanya 15 Ekor Lolos ke Semi Final

Takengon | Lintas Gayo – Setelah 4 hari berlangsungnya even pacuan kuda tradisional Gayo yang berlangsung sejak 20 Februari lalu di Gelengang H Muhammad Hasan Gayo Pegasing Aceh Tengah yang digelar untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Takengon ke-435 tahun 2012, sebanyak 76 ekor kuda dinyatakan berhak lolos untuk maju ke putaran semifinal.

“Sebanyak 217 ekor kuda tersingkir dibabak penyisihan dan sisanya 76 ekor akan bersaing ketat diputaran semi final yang berlangsung besok, 25 Februari 2012,” ujar Drs Rayendra, salah seorang panitia teknis pertandingan, Jum’at (24/2/2012).

Diuraikan Kabid Olahraga di Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Aceh Tengah ini, ke-76 ekor kuda tersebut akan bertanding dalam 10 kategori diantaranya D Muda, D Tua, C Muda, C Tua, B Muda, B Tua, A Muda, A Tua, A Muda Super dan A Tua Super.

“Dari hasil semifinal ini selanjutnya akan tersisa 20 ekor kuda untuk maju ke final pada Minggu, 26 Februari 2012 dan kepada para juara akan diberikan hadiah berupa tropi dan uang senilai 164.500.000 Rupiah,” rinci Rayendra.

Diputaran terpanas tersebut, tim Gayo Lues hanya berhasil meloloskan 15 ekor kuda, Bener Meriah 20 ekor dan terbanyak tim tuan rumah Aceh Tengah sebanyak 41 ekor kuda.

Sementara dari informasi yang dihimpun Lintas Gayo, diperkirakan pada 2 hari terakahir penyelenggaraan even tersebut akan terjadi lonjakan pengunjung ke Gelengang H Muhammad Hasan Gayo dan rawan terjadinya kemacetan lalu lintas menuju arah Pegasing terutama dari arah kota Takengon.

Sejumlah media cetak, online dan elektronik baik daerah maupun nasional dipastikan akan meliput kegiatan tersebut. Juga sejumlah pehobi foto dari penjuru Aceh juga hadir untuk mengabadikan momen tersebut. (Kha A Zaghlul)

.

Comments

comments