by

Ini Info Festival Bintang Radio Indonesia Takengon

Takengon | Lintas Gayo – Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Takengon akan menggelar Festival Bintang Radio Indonesia (BRI) 2012 pada Juli mendatang. Hal tersebut disampaikan ketua panitia Fitra Jayadi dalam siaran pers yang diterima Lintas Gayo, Kamis (14/6).

Menurut Fitra Jayadi, kegiatan tersebut merupakan event tahunan LPP RRI diseluruh Indonesia, dimana para pemenang masing-masing daerah akan mendapatkan tiket menuju Festival Bintang Radio tingkat Nasional di Sumatera Utara yang diperkirakan akan dilaksanakan Oktober mendatang.

“Kita memberikan kesempatan kepada putra-putri Gayo untuk mengikuti festival solo vokal ini, dengan harapan dapat mewakili daerah untuk menuju Sumatera Utara”, kata Fitra sembari menambahkan bahwa kesempatan itu terbuka untuk masyarakat Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues.

Fitra menjelaskan, untuk mengikuti festival ini, sedikitnya LPP RRI Pusat sudah menyiapkan tiga kategori kompetisi yaitu kategori lagu pop Indonesia, lagu keroncong dan kategori internasional. Dari ketiga kategori tersebut, panitia memilih lagu pop Indonesia untuk menjaring penyanyi terbaik di Gayosebagai kontribusi musik Nasional.

Untuk mekanisme pelaksanaan, Fitra mengatakan sudah mengacu pada pedoman Bintang Radio Indonesia 2012.

Pendaftaran  BRI sudah dibuka sejak awal Mei lalu dan akan ditutup 5 Juli 2012 mendatang. Untuk kategori lagu yang dilombakan, antara lain 5 (lima) lagu untuk kategori pria dan 5 lagu kategori wanita dengan judul lagu yang telah disediakan.

Sementara itu Plt. Kepala Stasiun RRI Takengon Eddy Ivan mengatakan, LPP RRI terus mengupayakan inovasi dan meningkatkan kreatifitas demi pengembangan Bintang Radio itu sendiri.

“Diluar telah lahir sejumlah bintang BRI dari berbagai daerah seperti Manado, Jayapura dan Pekan Baru yang kini sudah memasuki dunia industri di bawah salah satu label rekaman ternama”, papar Ivan.

Salah satu misi RRI terang Eddy Ivan, menyelenggarakan siaran yang bertujuan menggali, melestarikan dan mengembangkan budaya bangsa, memberikan hiburan yang sehat bagi keluarga, membentuk budi pekerti dan jati diri bangsa di tengah arus globalisasi. Misi tersebut dapat dilakukan antara lain melalui penyaluran bakat seni suara dengan lebih partisipatif.

“Pelaksanaan kompetisi BRI 2012 ini secara Nasional mengharapkan dapat bersinergi dengan pengelola radio siaran swasta komersial dan LPP lokal di seluruh Indonesia”, lanjut mantan penyiar TVRI Pusat ini.

Eddy Ivan menambahkan, untuk tahun ini panitia melibatkan perusahaan rekaman ternama dengan tujuan agar prestasi yang diraih khususnya juara kategori POP memiliki karir yang jelas. (SP/Red.03)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.