by

Kreatif, Anggota Pramuka Aceh Tengah Olah Sampah Jadi Barang Berguna

 

Takengon | Lintas Gayo ‚Äď Barang-barang bekas yang lazimnya sudah menjadi sampah seperti kertas ¬†bekas ¬†dan sendok plastik jika berada di tangan kreatif seperti anggota Pramuka Aceh Tengah, Habibillah ternyata dapat ¬†diolah menjadi sebuah produk kerajinan yang bernilai.

Pengakuan Habibillah, Selasa 26 Juni 2012, ide mengolah kertas dan sendok plastik bermula dari dirinya melihat banyak kerajinan tangan di sekolah-sekolah di Aceh Tengah  dan dorongan dari sejumlah guru di sekolah untuk membuat kerajinan tangan dari kertas.

Berangkat dari kesadaran itu, Habibillah mulai  memilah sampah kertas bekas dan mendaur ulang menjadi beragam produk kerajinan hingga membawa dirinya pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di Banda Aceh beberapa pekan lalu.

‚ÄúBarang bekas seperti kertas dapat dibuat menjadi pot bunga, topi, guci, tropy, rumah¬† sedangkan sendok plasctic dapat dibuat ¬†menjadi kap lampu,‚ÄĚ kata Habibillah.

Sementara itu Plt Ketua Dewan Kerja Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Aceh Tengah Satiran Riyan  mengatakan pihaknya  sangat mendukung penuh langkah anggota Pramuka dalam memanfaatkan kertas  dengan cara yang kreatif.

‚ÄúPemanfaatan sampah itu dipandang sangat penting untuk menjaga lingkungan dan membangkitkan kreatifitas kaum muda Aceh Tengah memanfaatkan sampah menjadi sebuah produk kerajinan,‚ÄĚ kata Satiran Riyan. (SP/Red.03)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.