by

Abang Aka Takengon, Motor Penggerak Pariwisata Aceh Tengah

 

Takengon | Lintas Gayo – Dinas Kebudayaan Parawisata Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) mengelar grand final pemilihan duta wisata  Abang dan Aka Gayo, Rabu (17/7) malam di Gedung Olah Seni  (GOS) Takengon.

Dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disbudparpora Aceh Tengah, Drs. Ishak, kegiatan ini, merupakan kegiatan tahunan dan yang keempat kalinya diselenggarakan oleh Disbudparpora Aceh Tengah.

Selain kegiatan tahunan, kegiatan kali ini menjadi istimewa karena berkaitan dengan persiapan festival Danau Lut Tawar 2013.

“Hingga saat ini, tercatat ada beberapa kegiatan yang telah diselenggarakan, mulai dari sayembara logo Festival Danau Lut Tawar, lomba melukis, resam munuling dan Lut Tawar Bike Championship. Kesemua kegiatan ini merupakan kegiatan awal mempersiapkan festival tersebut”, tambah Ishak.

Dan sebagai tulang punggung kegiatan tersebut, diungkapkan Ishak, adalah para Duta Wisata di tahun-tahun sebelumnya.

Selanjutnya dalam sambutan Penjabat Bupati Aceh Tengah yang diwakili oleh Sekda, Drs. Taufik, MM mengatakan kegiatan ini merupakan suatu kreasi positif dalam mengali dan mengembangkan potensi sumber daya manusia yang memiliki kompetensi, khususnya dalam mengemas citra parawisata Tanoh Gayo Aceh Tengah.

Selain itu tambahnya, langkah kompetensi duta wisata menjadi awal yang baik, untuk membangkitkan bakat generasi muda khususnya bagi mereka yang diharapkan dapat bertindak sebagai motor pengerak pembangunan wisata daerah di masa depan.

Amatan Lintas Gayo, GOS Takengon disesaki pengunjung dari berbagai kalangan. Selain melakukan penjurian Duta Wisata atau Abang Aka Takengon, panitia juga menghadirkan sejumlah pementasan seni budaya diantaranya dari sanggar Bayakku dan Teater Merdeka dengan drama bertajuk Aduh.

Sementara untuk tata panggung, menurut beberapa pengunjung yang hadir pada acara tersebut, sangat berbeda dengan sebelumnya, konsep tata panggung yang digarap Dogel dan kawan-kawan terlihat sederhana namun mampu memunculkan kesan mewah di gedung tersebut. ( TIM LG)

Comments

comments