by

PD Muhammadiyah Medan Serukan Shalat Ghaib untuk Muslim Rohingya

Medan | Lintas Gayo ‚Äst Pimpinan Daerah Muhamamdiyah Kota Medan (PDM Medan) menyerukan kepada seluruh Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Ranting se-Kota Medan untuk menyelenggarakan Shalat Ghaib dan penggalangan dana ¬†untuk ‚Äėmujahid‚Äô Rohingya yang wafat atas kekejaman dan penindasan yang terjadi di Myanmar (dahulu Birma). Shalat Ghaib itu diharapkan dilakukan serentak selesai Shalat Jumat (22 Ramadhan 1433H/ 10 Agustus 2012).

Penjelasan sekaligus seruan ini disampaikan oleh Ketua PDM Medan  Drs. Adri K dan Sekretaris Muhammad Syafi’i Lubis di Sekretariat  PD Muhammadiyah Kota  Medan, Senin 6 Agustus 2012 di Jln Mandala by Pass No.140, Medan. Jelasnya, Muhammadiyah di Kota Medan memiliki 89 Masjid Taqwa. Diharapkan seluruhnya  menyelenggarakan shalat ghaib itu.

Masih penjelasan Ketua PDM Medan Drs. Adri K bahwa  Muhammadiyah sangat prihatin dengan musibah yang dialami ummat Islam di Myanmar khususnya di kawasan Rohingya. Suku Rohingya merupakan salah satu minoritas di Myanmar yang penduduknya beragama Islam. Konflik sektarian antara suku Rohingya dengan suku Rakhine sudah terjadi sejak lama. Sebagai suku minoritas maka Rohingya selalu menjadi korban aksi kekerasan.

PD Muhammadiyah Kota Medan itu berharap beberapa upaya yang dilakukan organisasi negara Islam (OKI) dan pencarian fakta yang dilakukan oleh lembaga internasional lainnya dapat mengungkapkan fakta yang sesungguhnya dan menekan pemerintahan Myanmar untuk menghentikan kekerasan di Rohingya. Kepada pemerintan RI diharapkan dapat melakukan aksi diplomatik untuk menekan pemerintahan Myanmar. Sudah saatnya, demikian Adri K, suku Rohingya yang minoritas mendapatkan hak-hal sipilnya di Miyanmar.

Pengungsi Rohingya sudah menyebar di berbagai negara di Asia, seperti Bangladesh, Sri Langka, Malaysia,  dan Indonesia. Di Indonesia sendiri,  anak-anak Rohingya sudah mengungsi  secara masal sejak tahun 2008.

Selain  pelaksanaan shalat ghaib,  Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Medan juga meminta kepada semua khatib shalat Jumat di Masjiod Taqwa untuk menjadikan musibah kemanusiaan di Rohingya ini sebagai bagian dari materi khutbah.

Galang Dana

Pimpinan Muhammadiyah Daerah Kota Medan juga meminta kepada Pimpinan Cabang dan Ranting yang menyelenggarakan shalat Jumat   itu untuk dapat menggalang dana pada saat kegiatan shalat Jumat  ( 10/8) yang akan disalurkan untuk membantu  suku Rohingya. Pengumpulan dana ini sesuai dengan anjuran Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. DR Din Syamsuddin. Penyalurannya dapat dilakukan ke Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Medan dan selanjutnya PD Muhammadiyah Kota Medan akan menyalurkannya kepada pengungsi Rohingya. (SP)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.