by

Gayo dan Buton Bersaudara ?

Banda Aceh | Lintas Gayo – Ketua Dewan Kesenian Kota Sabang, Drs. Muhammad Jamin meyakini jika Kesultanan Buton yang terletak di Pulau Buton Propinsi Sulawesi Tenggara punya kekerabatan yang sangat dengan Gayo.

Alasannya, menurut putra Gayo Lokop Serbejadi ini, banyak kemiripan budaya dan bahasa antar kedua suku bangsa tersebut.

“Bahasa mereka sangat mirip dengan kita di Gayo dan menurut salah seorang tokoh adat mereka, Tgk. Idris yang berjumpa dengan dengan saya beberapa waktu lalu, suku bangsa Buton berasal dari Gayo,” kata Muhammad Jamin saat ditemui Lintas Gayo disela-sela istirahat seminar Permainan Rakyat di Banda Aceh, 4 September 2012 lalu.

Untuk memastikannya, dia berharap terus dilakukan serangkaian penelitian mendalam agar identitas Gayo makin terang benderang.

“Gayo perlu menggali dan mencari identitasnya dengan melakukan penelitian-penelitian mendalam seperti yang dilakukan Ketut Wiradnyana dan kawan-kawan dari Balai Arkeologi Medan di Ceruk Mendale dan Ujung Karang Takengon,” harap Muhammad Jamin.

Dia mengaku sejak lama berteman dengan Ketut Wiradnyana dan berharap agar Ketut melanjutkan penelitian tersebut agar identitas Gayo semakin terungkap. Kegembiraan juga tampak di wajah Muhammad jamin karena telah memiliki buku Gayo Merangkai Identitas yang ditulis Ketut bersama rekannya, Taufiqurrahman Setiawan.

“Terima kasih untuk saudara Ketut dan kawan-kawan. Terimakasih juga atas buku Gayo Merangkai Identitas yang disampaikan kru media Lintas Gayo kepada saya,” pungkasnya. (Kha A Zaghlul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

3,627 comments