by

Wakil Gayo Lues, Saleh Salihin Uji Keaslian Minyak Sere Wangi

Lintas Gayo | Jakarta – Minyak sere wangi merupakan komoditas unggulan dari Kabupaten Gayo Lues, Aceh. Nilai ekonominya cukup tinggi. Harganya di pasar tradisional berkisar Rp80.000-120.000/kilo.

Saleh Salihin, peserta Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2012 asal SMA 1000 Bukit Gayo Lues di Gedung A Lt 1 Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Senayan, Jakarta, Selasa (9/10/2012) mengungkapkan, belakangan ini sering dijumpai penipuan minyak sere wangi di kalangan masyarakat.

“Karenanya, saya ingin membuktikan kadar keaslian minyak sere wangi melalui penentuan massa jenisnya,” tegasnya didampingi Guru Pembimbing Samsul.

Menurut Salihin, ada beberapa cara peninjauan yang dapat digunakan dalam menentukan massa jenis minyak sere wangi. Salah satunya, melalui prinsip bejana berhubungan yang ditinjau dari sudut statis.

Secara statis, jelasnya, massa jenis minyak sere wangi dapat ditentukan dengan menerapkan prinsip bejana berhubungan dan tekanan hidrostatis. Untuk keperluan ini, diperlukan sebuah bejana, yaitu melalui metode bejana berhubungan dengan menggunakan pipa-U.

Dalam penelitiannya, Salihin menemukan bahwa terdapat perbedaan nilai massa jenis minyak sere yang asli dengan yang tidak asli. Massa jenis minyak sere wangi yang asli diperoleh sebesar  0, 80 g/cm3, sementara massa jenis minyak sere wangi yang tidak asli sebesar  0, 76 g/cm3 pada suhu 280 C.

Selain sebagai tambahan ilmu pengetahuan dan wawasan tentang cara menentukan keaslian suatu zat, Salihin, berharap, agar temuannya bisa jadi bahan masukan dan informasi bagi masyarakat luas terkait massa jenis minyak sere wangi. Juga, dapat membantu para pelaku ekonomi untuk terhindar dari penipuan dalam transaksi minyak sere wangi.(LG-006/red.04)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

3,627 comments

  1. salah satu bukti siswa sma n serbuk masi bisa berkompetisi dengan siswa yang ada indonesia
    tidak tertutup kemunkinan,meskipun bertempat di daerah yg sedang berkembang pelajar gayo lues umum nya.dapat membuat decak kagum kalangan masyarakat nusantara
    trus berjuang untuk kemajuan gayo lues