Jaya Garap Musikalisasi Puisi Kotemporer 1000 Saman dan Gayo

Banda Aceh | Lintas Gayo – Pemusik Musikalisasi Puisi asal Gayo Rahmad Sanjaya akan menggarap puisi “1000 Saman” karya Fikar W Eda dan “Gayo” karya Wahyuni, M.Psi dalam komposisi musikalisasi puisi kolosal. Garapan itu akan dimainkan puluhan mahasiswa asal Gayo Lues untuk acara Go Gayo Lues (Katakan Gayo dengan Karya 4) di Haba CafĂ©, Banda Aceh, 17 November 2012 mendatang.

“Acara ini melibatkan mahasiswa Gayo Lues semester awal, dan mereka kita mulai dengan aktifitas kreatif,” kata Supri Ariu dari Lembaga Budaya Seribu Bukit kepada Lintas Gayo di Banda Aceh, Sabtu (20/10/2012).

Menurut Supri, acara ini merupakan rangkaian kreatif yang pernah di gelar di Takengon dan Gayo Lues, dan khusus garapan musikalisasi akan meliibatkan banyak seniman Gayo Lues, seperti Saman, Pongoten, dan Musik modern.

”Kita harapkan Laskar Gayo  ikut memperkuat kolaborasi di musikalisasi ini,” Lanjut Supri.

Lebih lanjut, Supri mengungkapkan, kegiatan ini sekaligus dijadikan ajang silaturahmi masyarakat Gayo yang ada di Banda Aceh, Medan, dan Gayo Lues. Direncanakan juga akan dihadiri penjaga hutan Gayo “Aman Jarum” dari Pining Gayo Lues.

“Dari Banda Aceh, selain Jaya, Jamal Taloe juga akan menampilkan satu komposisi Tari bertajuk “Saman tanpa bunyi”. Tari ini kolaborasi Saman Gayo dengan Rapa’I pesisir. Paket ini nanti juga turut dipentaskan di Sabang, Takengon, Gayo Lues, dan Aceh Tenggara,” demikian Supri.(Atia/red.04)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.