Hadapi Pemilu 2014, Pemkab Aceh Tengah Serahkan Data Kependudukan

Takengon | Lintas Gayo – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menyerahkan Data Agregat Kependudukan per- Kecamatan  (DAK2). Penyerahan data ini dalam rangka menghadapi Pemilihan Umum  2014 yang akan datang.

Data dalam bentuk CD/DVD ini diserahkan Pemkab Aceh Tengah, kepada  Penyelengara Pemilu, KIP Aceh Tengah oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Drs.Muhammad Syukri,MPd  mewakili Pj Bupati kepada Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP)  Aceh Tengah, Hj. Hamidah,SH,MH, di Gedung  Opeartion Room Setdakab Aceh Tengahi, Kamis (6/12/2012).

Pemerintah harus menyediakan DAK2 paling lambat 16 bulan sebelum pemungutan suara Pileg 2014. Penyerahan DAK2 dari Pemerintah kepada penyelenggra pemilu ini  juga ditandai dengan penandatangan serah terima DAK2.

Menteri Dalam Negeri  Gamawan Fauzi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan,  Muhammad Syukri, mengatakan DAK2 ini merupakan tahapan dasar dalam pelaksanaan Pemilu legislatif tahun 2014 untuk mendapatkan wakil rakyat yang aspiratif dan tanggung jawab. DAK2 sebagai bahan menyusun daerah pemilihan di kabupaten/kota masing-masing, sehingga harus diserahkan 16 bulan sebelum Pemilu berlangsung.

Semetara itu  jumlah DAK2 yang diserahkan kepada KIP  Aceh Tengah, sebanyak  213.732  jiwa, dan sudah terakomdir dari 14 Kecamatan. Menurut Muhamad Syukri,  data  yang diserahkan itu, bersumber dari database kependudukan yang sudah dimutakhirkan oleh  Disdukcapil Aceh Tengah dan data yang sudah diverifikasi oleh Kemendagri dari database kependudukan seluruh Indonesia,  berdasarkan program SIAK dan hasil perekaman e-KTP.

“Apabila terjadi perbedaan database kependudukan,  dengan DAK2 yang diserahkan hari ini, maka  akan terus diintegrasikan untuk keperluan selanjutnya, termasuk untuk penyiapan data penduduk Potensial pemilih Pemilu (DP4),” kata Syukri seraya menambahkan  bahwa data dan  dokumen kependudukan yang merupakan program strategis nasional, sudah memenuhi standar internasional baik dalam metode maupun sistem yang digunakan. Oleh karenanya, dia i  berharap untuk terus dijaga akurasinya.

Syukri meminta, database kependudukan yang sudah terbangun ini harus dijaga akurasinya melalui pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil setiap harinya. Pelaporan Lahir, Meninggal dunia, Pindah dan Datang (LAMPID) yang dialami oleh penduduk harus dilaksanakan secara terus-menerus.

Penyerahan DAK2 kepada Penyelenggra Pemlu  (KIP) ,  yang dilaksanakan serentak hari ini, seluruh Indonesia, turut dihadiri  oleh Wakapolres Aceh Tengah, Kompol Sunyoto, Gunawan Sipayung,SH, mewakili Kajari Aceh Tengah, Mewakili Dandim 0106 Aceh Tengah. Letkol Inf. Sarwoyadi, anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Camat dan  sejumlah pimpinan SKPK dalam Kabupaten Aceh Tengah.(SP/red.04)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.