by

Pemerintah di Gayo Wajib Dukung Gerakan Seni Budaya

Salman Yoga

TAKENGON –  Budayawan dan penyair Gayo Salman Yoga menilai pendokumentasian kebudayaan Gayo sangat penting dilakukan. Dia berharap ada kesadaran dari masyarakat dan pemerintah untuk mendukung upaya pendokumentasian budaya di Gayo.

“Siapapun orang Gayo wajib menulis tentang kebudayaannya,” kata Salman Yoga saat tampil pada Konser Konsep Membangun Gayo di Warung Apresiasi Takengon, Sabtu 12 Januari 2013 lalu.

Menurut dosen IAIN Ar-Raniry ini, sejak dulu kesenian dan kebudayaan Gayo punya peranan dalam mempublikasikan Gayo, termasuk peran memuluskan pembangunan di luar kekuatan anggaran pemerintah seperti pembangunan jembatan dan jalan.

“Di Gayo dulu seniman berperan mengumpulkan dana untuk membangun fasilitas umum,” kata Salman.

Untuk itu, kata Salman Yoga, kepala daerah wajib mendukung gerakan kebudayaan dan kesenian, paling tidak member dukungan pada penerbitan buku. “Kalau bupati di Gayo tidak memberi dukungan pada pendokumentasian ini, maka dia pemimpin yang sedang memiskinkan rakyat,” kata Salman.

Kepada bupati yang berada di kawasan Gayo, budayawan dan penulis buku ini  meminta agar memperbayak even kesenian dan budaya, itu untuk menghindari  onani culture. “Perbanyak even dan penghargaan, agar kebudayaan dan kesenian Gayo bersemangat lagi,” ujar Salman Yoga. (The Atjeh Post)

Comments

comments