by

Tagore Minta Pemda AT Lindungi Loyang Mendale

Mendale | Lintas Gayo – Setelah Ir. Mursyid menyatakan keinginannya ikut sebagai salah seorang relawan yang akan diambil sampel darahnya untuk diuji DNA oleh Balai Arkeologi (Balar) Medan bekerja sama dengan Lembaga Molekul Eijkman dan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dalam rangkaian penelitian penelusuran sejarah Urang Gayo yang rencananya akan dilaksanakan pada 31 Maret 2011 mendatang di Aceh Tengah. Hari ini, Jum’at (25/3) giliran Tagore Bupati Bener Meriah, Tagore Abu Bakar juga menyatakan keinginan yang sama dihadapan para peneliti dari Balar Medan dan sejumlah wartawan di Loyang Mendale.

“Saya ikut tes DNA tersebut karena ingin ambil peran dalam pembuktian bahwa sejarah peradaban Gayo itu ada sejak lebih dari 3500 tahun yang lalu,” ujar Tagore yang datang ke lokasi penelitian karena ingin melihat langsung berita-berita yang didengarnya selama ini.

Kepada Tagore, Ketua Tim Peneliti Balar Medan, Ketut Wiradnyana didampingi Lucas Prananda Koestoro menjelaskan bahwa telah terbukti budaya Austronesia masuk ke Sumatra bagian utara dan bukti itu baru yang ditemukan di Loyang Mendale dan Ujung Karang.

“Dipenelitian sebelumnya kita sudah pastikan melalui uji karbon dating yang dibiayai Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah bahwa telah ada kehidupan disini 3500 tahun yang lalu. Akan tetapi dengan sejumlah bukti yang kita temukan dalam penelitian kali ini, saya pastikan telah ada kehidupan lebih tua dari 3500 tahun itu. Hanya saja untuk menyebutkan angka, butuh uji karbon dating kembali terhadap sejumlag sampel,” papar Ketut.

Setelah mendengar sejumlah penjelasan singkat dari peneliti tersebut terkait jalannya penelitian dan temuan-temuan peninggalan kehidupan manusia lalu.Selaku masyarakat Gayo asal Bintang Aceh Tengah, Tagore meminta agar kawasan Loyang Mendale dijadikan sebagai kawasan Lindung Budaya Setempat dengan menerbitkan Peraturan Daerah (Perda).

Tagore mengaku semakin bangga sebagai Urang Gayo atas penemuan para arkeolog tersebut karena identitas Gayo semakin jelas. “Identitas adalah kebanggaan,” tegas Tagore yang dikabarkan ikut mencalonkan diri sebagai Calon Bupati Bener Meriah di Pemilukada 2011 ini.

“Pemda Aceh Tengah harus tangani dengan baik situs Mendale serta menerapkan teknologi untuk kelestarian tempat ini,” ujar Tagore

Jika perlu, lanjutnya, Kawasan Mendale dan Linge dijadikan sebagai  lokasi Cagar Budaya Gayo sehingga memungkinkan Pemerintah Kabupaten Tanoh Gayo lainnya memasukkan Anggaran Pendapatan Daerah (APBD) di lokasi tersebut. (aman zaghlul)

Comments

comments

News