by

Mengintip UN Perdana di SMAN 15 Binaan Nenggeri Antara

Oleh: Drs. Rahmadi, M.Pd*

UN sma 15TAHUN 2013 ini merupakan tahun perdana Pelaksanakan Ujian Nasional (UN) untuk SMA Negeri 15 Takengon Binaan Nenggeri Antara, nama sekolah ini ditentukan oleh kelulusan siswa-siswi yang sebelumnya telah mendapatkan pembinaan dan pembimbingan dari seluruh dewan guru selama kurang lebih 3 tahun.  Siswa angkatan 2010 ini diharapkan telah siap mengikuti ujian nasional, berdasarkan pola pembinaan yang terprogram dan terarah.

Kepala sekolah Drs. H. Amiruddinsyah, menyatakan melalui pengarahan yang disampaikan kepada siswa setiap pagi di depan kantor SMA Negeri 15 Takengon, bahwasanya telah banyak usaha yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan peningkatan ahklak siswa melalui kegiatan-kegiatan baik pada saat pra pembelajaran, Intrakurikuler, ekstrakurikuler dan kegiatan sore hari lainnya, semua itu dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikan secara nasional, oleh sebab itu kepala sekolah yakin siswa angkatan ini mampu menghadapi ujian nasional tahun 2013 ini dengan baik.

Hal ini senada dengan apa yang disampaikan salah satu siswa berprestasi Yunita Hairina, bahwa mereka telah siap untuk melaksanakan UN dan memberikan contoh yang terbaik untuk adik-adiknya yang tahun depan juga akan melaksanakan Ujian nasional.

Salah satu program sekolah khusus menghadapi Ujian Nasional tahun 2013, kepala sekolah, para wakil serta panitia ujian nasional  sepakat untuk  mengadakan pemantapan pembelajaran   siswa setiap sore dan malam hari selama pelaksanaan Ujian Nasional.

Menyamakan Persepsi

Tujuannya adalah  untuk menghindari siswa yang terlambat ikut ujian, menyamakan persepsi tentang Ujian Nasional dan membahas materi pelajaran yang di UN-kan serta keseluruhan siswa dapat terpantau dengan baik maka siswa diasramakan di sekolah dengan memanfaatkan ruangan Aula  sebagai tempat belajar dan ruang kelas sebagai tempat penginapan.

Belajar malam
Belajar malam

Yang paling utama dalam kegiatan ini adalah memberikan motivasi serta pembahasaan meteri pelajaran yang menyangkut dengan Ujian Nasional, sehingga siswa tidak gentar menghadapi ujian esok harinya.

Jadwal belajar disesuaikan dengan jadwal Ujian nasional, misalnya hari senin tanggal 15 april 2013, jadwal ujian nasional adalah Bahasa Indonesia, maka malam hari sebelum Ujian dibahas Bahasa Indonesia dengan nara sumber guru bahasa Indonesia sekolah tersebut dengan membuat bahan ajar ringkas yang diprediksi akan masuk Ujian nasional, demikian hari berikutnya.

Menurut Ayu Simah Bengi Kelas XII  Jurusan IPS  siswa berprestasi dan  juara 2 cerdas cermat 4 pilar tingkat provinsi ini, ketika ditanya tentang program belajar malam menyatakan bahwa kegiatan tersebut sangat memberikan manfaat dan banyak meteri yang diajarkan termuat dalam soal-soal ujian nasinal sehingga kami dapat menjawab soal tersebut dengan baik dan saya beharap agar tahun-tahun berikutnya dapat dilaksanakan untuk kesuksesan adik-adik menghadapi Ujian Nasional.

Sampai hari ke empat Pelaksanaan ujian Nasional Kelihatan seluruh siswa masih segar dan masih antusias mengikuti ujian nasional tanpa ada yang terlambat masuk. Dan pelaksanaan ujian nasional berlangsung dengan tertib dan aman.

Menurut beberapa siswa lainnya kami cukup senang dengan kegiatan yang dilaksanakan selama ini, karena kegiatan tersebut cukup menunjang pada apa yang kami inginkan dalam pelaksanaan ujian nasional tahun ini, semoga sukses.

UN Perdana ini menjadi catatan penting bagi SMA Negeri 15 Takengon, bagaimana membangun kerjasama panitia pelaksana disekolah dan kebersamaan antar warga sekolah sehingga memilki persepsi yang sama dalam mensukseskan Ujian Nasional pertama tahun 2013 ini.

Hari Senin tanggal 15 April 2013 sebagai hari pertama berlangsungnya Ujian Nasional berjalan dengan tertib dan lancar dan diikuti hari kedua, ketiga dan hari keempat sehingga secara umum pelaksanaan berjalan dengan baik. Kepala sekolah diakhir pelaksanaan ujian nasional mengucapkan terima kasih kepada para pengawas silang yang telah membantu suksesnya pelaksanaan Ujian Nasional ini.(drs_rahmadi[at]yahoo.co.id)

*Guru SMA 15 Takengon

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.