by

Gempa Gayo : 12.000 USD dari Palang Merah Amerika

Korban gempa Gayo yang berada di Kute Gelime Kecamatan Ketol (Foto: Konadi)
Korban gempa Gayo yang berada di Kute Gelime Kecamatan Ketol (Foto: Konadi)

Takengen | Lintas Gayo Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Aceh saat ini mempersiapkan dukungan lanjutan untuk membantu masyarakat di Kabupaten Bener Meriah dan Kabupaten Aceh Tengah yang terkena bencana gempa Gayo yang berkekuatan 6,2 SR beberapa 2 Juli 2013 lalu.

Dalam Press Rilisnya Ketua PMI Prov. Aceh Ir. Teuku Alaidinsyah, M.Eng, Palang Merah Indonesia sebagai mitra Pemerintah merupakan sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan, yang mendapat mandat melaksanakan pelayanan sosial dan kesehatan, termasuk upaya kesehatan transfusi darah, pelaksanaan penanggulangan bencana termasuk pemulihan hubungan  keluarga, serta pembinaan kerelawanan di kalangan generasi muda.

Sebelumnya PMI telah melakukan tanggap darurat bencana yang dilakukan oleh relawan SATGANA PMI (Satuan Penanggulangan Bencana) meliputi evakuasi, assessement, mendirikan posko, pelayanan kesehatan dengan menurunkan tim medis dari RS PMI Bogor dan dari Aceh terdiri dari 2 Dokter ahli bedah tulang, 1 orang internist, 2 orang dokter umum, 2 orang perawat, 1 orang spesialis watsan, distribusi logistik, dan dukungan psikososial untuk mengurangi trauma yang dialami masyarakat korban gempa sebagai mana di ungkapkan Ketua PMI Prov. Aceh Ir. Teuku Alaidinsyah, M.Eng

Lebih lanjut Alaidinsyah juga menyatakan bahwa memasuki masa rehab rekons, PMI Aceh juga melanjutkan dukungan membantu saudara-saudara kita di Gayo selain tenaga relawan spesialisasi juga Logistik berupa 20.000 Seng, 5000 tenda family, 500 selimut, 500 kain sarung, 10.000 mukena, 1000 tikar dan pelayanan air bersih dengan memobilisasi 5 unit tangki air, yang sebagian telah didistribusikan dan diterima oleh masyarakat korban gempa di Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Meriah.

Dalam melaksanakan misinya, PMI mendapatkan dukungan pendanaan dari pemerintah dan donasi/sumbangan masyarakat dan donor yang sifatnya tidak mengikat.Salah satunya dari bantuan Palang Merah Amerika sebesar 12.000 USD (sekitar 120 Juta Rupiah)’yang diperuntukan dalam membantu pelaksanaan bantuan operasi penanggulangan bencana gempa Gayo.

Semnetra itu bagi masyarakat yang ingin menyumbang untuk kegiatan penanggulangan bencana atau kegiatan sosial kemanusiaan lainnya dapat mengirimkan bantuan ke rekening PMI Peduli dengan No.Rekening : 8888999625 BNI Syariah An. PMI Aceh (Bencana) atau menyampaikan langsung ke markas PMI Provinsi Aceh atau kabupaten/kota terdekat. Ungkap Alaidinsyah (Humas PMI Provinsi Aceh /LG010)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.