by

31 Negara Melenggang ke Piala Dunia Brasil 2014

ilustrasi. tropi piala dunia 2014
Ilustrasi. Tropi piala dunia 2014

Lintas Gayo | 31 tim sudah memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brasil. Satu tiket tersisa tampaknya bakal menjadi milik Uruguay. Sebelumnya, tujuh negara; Portugal, Prancis, Yunani, Kroasia, Aljazair, Ghana, dan Meksiko berhasil lolos dari lubang jarum.

Bertandang ke Friends Arena, Solna, Portugal memulai laga dalam posisi yang belum sepenuhnya aman, karena hanya unggul 1-0 pada leg pertama. Namun hattrick sang kapten, Cristiano Ronaldo, membawa Portugal akhirnya memastikan melenggang ke Brasil. Dua gol Zlatan Ibrahimovic seakan tak berarti setelah akhirnya Portugal unggul dengan agregat 4-2. Ibra pun harus mengubur ambisinya untuk dapat mencetak gol di turnamen sekelas Piala Dunia.

Banner

Khusus bagi Ronaldo, hattrick yang dicetaknya ke gawang Swedia mensejajarkan namanya dengan Pauleta, sebagai pencetak gol terbanyak Timnas Portugal, dengan koleksi 47 gol. Selain itu, keberhasilan membawa Portugal lolos ke Piala Dunia 2014 juga membuat peluang Ronaldo menggondol trofi Ballon d’Or 2013 kian terbuka lebar.

Kendati tampil fantastis dan menjadi penentu timnya lolos, Ronaldo mencoba merendah. Menurutnya, tak ada hal spesial yang dilakukannya pada laga tersebut, karena membantu timnas lolos ke putaran final Piala Dunia memang sudah menjadi kewajibannya.

“Sederhana saja, saya melakukan apa yang menjadi tugas saya. Saya tahu bahwa Portugal membutuhkan saya. Tapi, saya tak perlu membuktikan apapun ke semua orang. Saya hanya berusaha melakukan tugas dengan baik dan memberi jawaban di atas lapangan,” kata pemain Real Madrid berusia 28 tahun tersebut.

Prancis Lolos dari Lubang Jarum
Bergeser ke Stade de France, Paris, timnas Prancis mengawali laga dengan tertinggal 0-2 di leg pertama. Dituntut menang lebih dari dua gol –dan tak kebobolan, Franck Ribery cs langsung tancap gas. Hasilnya, mereka langsung unggul 2-0 di babak pertama, lewat gol yang dicetak Mamadou Sakho dan Karim Benzema.

Pada paruh kedua, tim asuhan Didier Deschamps terus menunjukkan determinasinya. Dan, Les Bleus akhirnya mencetak gol ketiga lewat gol bunuh diri Oleh Husyev pada menit 72. Seisi Stade de France pun bersukacita menyambut lolosnya Prancis ke Piala Dunia 2014.

Deschamps benar-benar bahagia dengan hasil tersebut. “Inilah magisnya sepakbola. Empat hari lalu, kami dalam posisi buruk. Tapi, malam ini, para pemain tampil fantastis. Kualifikasi ini sangat penting bagi sepakbola Prancis. Sekarang, kami sudah lolos dan mampu meraih sesuatu yang hebat,” tuturnya.

Catatan positif lainnya, Prancis menjadi tim pertama yang mampu lolos dari lubang jarum playoff dengan cara seperti itu. Pasalnya, sebelum laga tersebut, belum ada tim Eropa yang mampu membalikkan keadaan setelah kalah 0-2 pada pertemuan pertama babak playoff Piala Dunia.

Sementara itu, Yunani juga memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2014 Brasil, setelah unggul agregat 4-2 atas Rumania. Pada pertandingan leg kedua yang berlangsung di Arena Nationala, Yunani ditahan imbang 1-1, namun juara Euro 2004 itu tetap berhak melaju, karena menang 3-1 pada laga leg pertama.

Sedangkan satu wakil Eropa lainnya yang lolos adalah Kroasia. Ditahan imbang tanpa gol oleh Islandia pada leg pertama, semifinalis Piala Dunia 1998 itu menang 2-0 pada leg kedua yang dihelat di Stadion Maksimir, Zagreb. Mario Mandzukic dan Darijo Srna menjadi pembobol gawang Islandia pada laga tersebut.

Sementara dari benua Afrika, Ghana memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2014, meski di leg kedua harus kalah 1-2. Ghana lolos usai unggul agregat 7-3. Sedangkan satu wakil lainnya adalah Aljazair, yang menyingkirkan Burkina Faso dengan agregat 3-3 (Aljazair lolos karena keunggulan gol tandang).

Pelatih Ghana, Kwesi Appiah mengatakan timnya, yang pada leg pertama menang 6-1, memiliki kendala, terutama karena kurangnya pemanasan. Beruntung, Mesir hanya mampu mencetak dua gol, dan timnya akhirnya tetap unggul agregat dan melenggang ke Piala Dunia 2014.

“Itu merupakan pertandingan yang sulit bagi Ghana, karena kami terlambat datang ke stadion sehingga kami kurang lama dalam melakukan pemanasan. Kami tahu para pemain Mesir akan bernafsu dan buru-buru, jadi kami memilih bermain tenang, dan berhasil. Kami senang bisa lolos,” ujar pelatih Appiah.

Pada playoff intercontinental, Meksiko melaju usai menyingkirkan Selandia Baru. Setelah menang telak 5-1 pada leg pertama, Meksiko kembali membungkam Selandia Baru 4-2 pada leg kedua. Agregat 9-3 pun akhirnya mengantarkan Javier Hernandez cs melenggang ke Piala Dunia 2014.

Sementara itu, satu pertandingan playoff intercontinental lainnya adalah Uruguay vs Yordania, di mana leg kedua baru akan dihelat Kamis 21 November 2013 pagi WIB nanti. Namun, dengan keunggulan telak 5-0 pada di leg pertama, rasanya tak sulit bagi Luis Suarez cs untuk mengamankan tiket terakhir.

Berikut 31 negara yang telah memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2014:

AFC: Jepang, Australia, Iran, Korea Selatan
UEFA: Belanda, Italia, Belgia, Swiss, Jerman, Rusia, Bosnia dan Herzegovina, Inggris, Spanyol, Prancis, Portugal, Yunani, Kroasia
AFRICA: Nigeria, Pantai Gading, Kamerun, Ghana, Aljazair
CONCACAF: Kostarika, Amerika Serikat, Honduras
CONMEBOL: Brasil, Argentina, Kolombia, Chile, Ekuador

Playoff intercontinental: Meksiko, pemenang Uruguay versus Yordania. (Viva)

Comments

comments