by

Diprediksi Harga Ponsel Android Nokia Murah


Jakarta – Gosip bahwa Nokia akan merilis ponsel Android kembali memanas. Kabarnya, vendor asal Finlandia yang sekarang sudah dimiliki Microsoft itu akan merilis handset Androidnya tahun depan.

Meski tidak ada konfirmasi dari Nokia, beberapa analis menyatakan memang tidak mustahil Nokia akan mengadopsi Android. Alasannya, bisa jadi Nokia akan memakai Android sebagai senjata untuk bertarung di industri ponsel murah.

Banner

Ya, Nokia pasti akan tetap memakai Windows Phone sebagai sistem operasi utama, terkhusus untuk smartphone untuk segmen premium. Nah, Android diproyeksi menjadi pelengkap di segmen ponsel entry level.

“Vendor seperti LG, HTC dan Motorola memang bisa disebut gagal menyukseskan ponsel Android murah, namun mungkin saja Nokia akan sukses,” sebut Richard Windsor, konsultan di Radio Free Mobile.

Nokia sejauh ini tengah menghadapi kesulitan menghadang serbuan Android murah, terutama melawan vendor China. Seri Nokia Asha yang ditujukan untuk pasar low end semakin menurun penjualannya.

Jadi masuk akal jika Nokia mempertimbangkan untuk memakai Android saja untuk menahan gempuran lawan. Terlebih mereka bisa melakukan kustomisasi software sendiri di atas Android.

“Jika Amazon saja bisa mengkustomisasi Android untuk mendorong ekosistemnya, tidak ada alasan mengapa Microsoft dan Nokia tidak melakukan hal yang sama,” kata Ian Fogg, analis di IHS Suppli yang detikINET kutip dari Guardian, Kamis (12/12/2013). (Detik)


Comments

comments