by

Ketua DPC PA GMNI bener meriah; kinerja panwaslih BM layak diapresiasi

IMG_20160719_143721

Redelong | Lintas gayo – Ketua DPC PA GMNI Bener Meriah, Syaddam Natuah mengapresiasi proses pemilihan Panitia Pengawasan Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Bener Meriah yang dilaksanakan secara lebih terbuka oleh Timsel. Mengingat pentingnya proses Pemilihan Kepala Daerah/Pilkada 2017 gelombang II yang dilaksanakan secara serentak 15 Februari 2017 mendatang sesuai dengan amanah UU no 8 tahun 2015.

“Proses pengawasan yang tepat dan terintegrasi adalah bagian yang sangat penting demi mencapai hasil Pemilukada yang benar dan Optimal. Karena itu proses recruitment anggota Panwascam, PPL serta Pengawas TPS yang dilaksanakan secara terbuka merupakan hal yang patut didukung bersama dengan memperhatikan kompetensi, kapasitas, integritas serta tanggung jawab setiap calon petugas pengawas,” ujar syaddam. hal tersebut dikemukakan Syaddam seusai rapat kerja cabang PA GMNI kabupaten Bener Meriah dengan para pengurus pada senin, 18 July 2016, di Bener Meriah.

Masih menurut syaddam natuah, proses ini juga dirasa cukup baik dan transparan dengan diumumkan sebelumnya melalui media massa serta papan pengumuman yang terdapat pada tempat yang mudah diakses public, sehingga dapat membuka ruang yang lebih luas bagi calon Petugas Pengawas untuk mendaftarkan diri.

Beberapa hal yang tampaknya akan memerlukan bentuk pengawasan yang lebih  teliti adalah proses pendaftaran calon kepala daerah sebagai proses awal yang diikuti dengan proses Verifikasi persyaratan para calon, baik yang mendaftar melalui jalur Partai dan jalur Independent dengan mengacu pada UUPA yang membutuhkan minimal tiga persen dukungan fotokopi KTP dari total jumlah penduduk.

Pilkada yang akan datang, yang dipastikan berlangsung satu putaran adalah salah satu point krusial yang juga sekaligus salah satu point efisiensi dalam proses penyelenggaraan pilkada. walau tentunya pasti akan memunculkan celah dan resiko yang juga layak harus mendapatkan pengawasan yang preventif. “fihak penyelenggara pilkada,KIP dan Panwaslih harus lebih waspada dan cermat”, tegas syaddam.

“Harapan kita semua, pelaksanaan Pilkada di Bener Meriah dapat berjalan dengan baik dan benar sehingga akan menghasilkan pemimpin daerah yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan rakyat, dengan mengedepankan Transparansi pada semua tahapan diikuti dengan partisipasi masyarakat masyarakat yang maksimal”,ujar syaddam menutup pernyataannya.           ( Yhr/LG 08).

Comments

comments